Soal Dapil Pemilu 2024, Ketua KPU Kota Bekasi Bilang Ini

Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengungkapan perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Bekasi dalam Pemilu 2024 belum dapat memastikan. Menyusul belum adanya kajian dan diskusi terkait masalah Dapil.


“Berubah atau tidaknya Dapil masih belum dapat dipastikan,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni kepada RADARBEKASI.ID, belum lama ini.

Dia melanjutkan, nanti pada saat sudah masuk tahapan penyusunan Dapil, KPU Kota Bekasi akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait.


“Kita akan berdiskusi, menjaring aspirasi dan melakukan kajian. Setelah itu akan membawa tiga usulan skema dapil ke KPU RI. KPU RI nanti yg akan menetapkan,” ucapnya.

Sementara, estimasi tahapan Pemilu 2024, sambung Nurul, sudah mulai sekitar bulan Oktober 2022 sampai Februari 2023.

Kemudian, lanjut Nurul, estimasi tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024 dimulai bulan Agustus 2023.

“Oktober dilakukan verifikasi di tingkat kabupaten dan kota,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, sosialisasi terkait estimasi tahapan pemilu sudah dilakukan baik ke partai politik maupun pemerintah.

Kalau tahapan pastinya masih menunggu PKPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu. Sekitar awal Juni baru akan terbit.

“Dalam sosialisasi yang sudah kami laksanakan, kami mengimbau pada pengurus parpol agar mulai memanaskan mesin organisasi termasuk juga merapikan administrasi partai. Mulai dari domisili kantor, susunan pengurus sampai keanggotaan,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau, terutama kepada partai-partai yang pada Pemilu 2019 belum lolos Parlementary Treshhold dan akan mendaftar kembali sebagai peserta Pemilu. Ia meminta untuk merapikan data keanggotaan parpolnya.

“Hal ini agar sama-sama memudahkan baik parpol sendiri maupun tim verifikator dari KPU nantinya. Kalau administrasinya sudah baik maka kemungkinan terlambat juga menjadi kecil,” ungkapnya. (pay)