PAN Mulai Seleksi Bacaleg

Anggota DPR RI dapil Jabar VII, Daeng Muhammad

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bekasi mulai menyeleksi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024 nanti. Meskipun belum dibuka pendaftaran secara resmi, namun sudah banyak calon pendaftar yang melakukan komunikasi dengan panitia.


Ketua DPD PAN Kabupaten Bekasi, Daeng Muhammad mengaku, setiap Daerah Pemilihan (Dapil) Bacaleg yang mendaftar rata-rata sudah 50 persen. Namun partai yang dipimpinnya ini masih menunggu ketentuan dari KPU.

“Sebagian sudah ada yang mendaftar. Kemarin sudah mendaftar secara informal, formilnya nanti kita menunggu ketentuan persyaratan yang diberikan KPU, berkaitan dengan kelengkapan Bacaleg,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (6/6/2022).


Daeng memastikan, partainya membuka pendaftaran Bacaleg sebanyak mungkin. Nanti ada Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) yang akan melakukan seleksi. Bahkan, KPPD ini akan melakukan survei terhadap caleg-caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing. Walaupun penentuan Dapilnya belum final.

“Kalau kita membuka diri sebanyak mungkin, nanti kita ada KPPD, yang kerjanya adalah menyeleksi, bahkan melakukan survei terhadap caleg-caleg di Dapil masing-masing,” ucapnya.

Saat disinggung nama-nama familiar yang mendaftarkan diri sebagai Bacaleg di PAN, dirinya menegaskan, untuk sekarang belum bisa mempublish siapa-siapa yang sudah mendaftarkan diri ke partainya.

“Itu masih kita keep kalau nama-nama, bahkan saya tidak membolehkan KPPD mengungkap nama-nama dulu ke publik. Target PAN minimal enam sampai delapan kursi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pria yang juga sebagai Anggota DPR RI ini menuturkan, sekarang partainya juga masih merapikan struktur partai. Bagaimana persiapan menjelang verifikasi partai, termasuk menyiapkan Karawang dan Purwakarta. Pasalnya, Daeng menilai, perapihan struktur partai sangat penting.

“Itu dulu, jangan kita membangun satu paradigma keluar, tapi internal kita belum diberesin. Kalau struktur sudah, tapi ada langkah-langkah yang harus dilakukan berkaitan penyambutan Pileg di 2024,” ungkapnya. (pra)