KPU : Parpol Peserta Pemilu Belum Pasti

ILUSTRASI : Kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI РKomisioner KPU Kota Bekasi divisi Teknis, Ali Syaifa mengatakan, seluruh partai politik (parpol) peserta di Pemilu 2019 saat ini telah menyerahkan  Surat Keterangan (SK) kepengurusan terbaru dari partainya. Bahkan termasuk dari parpol baru yang dikabarkan akan mengikuti kontestasi Pemilu 2024 mendatang.


Namun begitu, diakui Ali, pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan apakah dari parpol-parpol itu menjadi peserta Pemilu 2024 atau tidak, karena tahapan untuk verifikasi dan pendaftaran peserta di Pemilu 2024 juga belum dimulai.

“Yang pasti, dari parpol peserta Pemilu 2019 itu semuanya sudah menyerahkan SK terbaru kepengurusan partainya. Selain itu, beberapa parpol baru juga ada yang menyerahkan SK,” kata Ali kepada Radar Bekasi.


Menurut Ali, parpol-parpol peserta Pemilu 2024 ini akan diketahui ketika sudah masuk tahapan verifikasi dan pendaftaran di bulan September 2022 sesuai jadwal tahapannya. Kalaupun terkait informasi ada sebanyak 76 parpol yang bakal meramaikan Pemilu  2024, diakui Ali, pihaknya masih menunggu tahapannya.

“Setahu saya 76 parpol itu baru terdaftar di Kemenkumham RI, belum masuk di KPU RI. Lagipula, tahapan verifikasi dan pendaftaran juga belum dimulai sehingga kita lihat nanti saja pas tahapannya,” terangnya.

Akan tetapi, kalau sesuai dari kegiatan Bimtek simulasi sistem informasi Partai politik (Sipol) yang dilaksanakan oleh KPU RI beberapa waktu lalu itu, dari total 76 parpol yang ikut atau hadir di dalam kegiatan tersebut hanya ada 26 parpol. Artinya, jumlah itu kemungkinan bisa menjadi gambaran dari parpol peserta Pemilu 2024.

“Kita lihat dan tunggu sajalah jadwal tahapan verifikasi dan pendaftaran, karena kita nggak tahu juga nantinya berapa yang mendaftar ke KPU RI, dan dari jumlah itu juga kan akan kita lihat apakah kepengurusan partainya itu ada di Kota Bekasi atau tidak,” pungkasnya. (mhf)