Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Komisi 4 Desak Pemkot Bekasi Serius Tangani DBD

Ketua Komisi 4 DPRD Kota Bekasi Darajat Kardono.
Ketua Komisi 4 DPRD Kota Bekasi Daradjat Kardono.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Ketua Komisi 4 DPRD Mitra Kerja Dinas Kesehatan, Daradjat Kardono meminta Pemkot Bekasi bersiaga akan ancaman serius demam berdarah dengue (DBD).

Ia menilai, meskipun penyakit ini memang ada sepanjang tahun, bahkan dari tahun ke tahun angkanya berbeda-beda, tetap harus diwaspadai sebagai penyakit berbahaya.

“Menyikapi peningkatan tren paparan penyakit DBD di kota Bekasi, maka pihak Pemkot harus mewaspadai situasi ini. Pemkot Bekasi harus meningkatkan kesiapan untuk penanganan kasus-kasus tersebut. Hal ini mencakup, kesiapan sarana dan prasarana medis yang meliputi, aspek peralatan layanan, ketersediaan obat/farmasi, bed availability/ketersediaan ruang rawat, serta para tenaga kesehatan dengan jumlah yang memadai, dan lain sebagainya,” kata Daradjat saat dihubungi lewat pesan singkat, Rabu (21/6).

Di samping itu, kata dia, selain kesiapan program kuratif maka program preventif juga harus digalakkan. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perihal upaya pencegahan perlu dilakukan secara intensif.

“Pemkot juga harus segera memetakan tren sebaran paparan di Kota Bekasi untuk menentukan program pengendalian prioritas berbasis risiko, sehingga penanganan paparan lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Mitra program pencegahan di garda terdepan masyarakat seperti PKK, Posyandu dan pengurus lingkungan kata Daradjat harus diberdayakan secara serius, karena mereka mitra terdepan yang paling merasakan denyut dan geliat isu kesehatan di masyarakat.

“Hal yang sama juga perlu dilakukan kepada para Nakes, sehubungan terdengarnya keluhan para nakes terkait tersendatnya paket renumerasi yang sedikit banyak bisa mempengaruhi semangat kinerja layanan di masyarakat,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin