Delapan Eselon II Bakal Dirotasi

Illustrasi ASN Pemkot Bekasi mengikuti apel di Stadion Patriot Candrabhaga.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka mengisi kekosongan jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, berencana melakukan rotasi mutasi delapan eselon II.

“Dalam proses rotasi mutasi ini, saya kan tetap harus izin meskipun diberi kewenangan untuk menyusun formasi birokrat di lingkungan Pemkab Bekasi,” ucap Dani.


Ia menyampaikan, dalam pengisian sejumlah jabatan kosong di Pemkab Bekasi, sebelumnya sudah diproses pada masa kepemimpinan Akhmad Marjuki. Hanya saja, saat pengajuan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ada penolakan. Sehingga, harus dilakukan perbaikan secara administrasi.

“Jadi, saya hanya melanjutkan dari yang diajukan sebelumnya. Tapi dari rencana awal, hanya ada delapan eselon II yang akan dirotasi mutasi,” terang Dani.


Diakui Dani, jabatan yang kosong mencapai 13 jabatan untuk tingkat eselon II, belum lagi eselon IIIa, IIIb.

Kemudian, dengan mengisi kekosongan jabatan strategis itu, untuk meningkatkan semangat kerja para birokrat. Dani memastikan, tidak ada mahar atau transaksional dalam pengisian jabatan eselon II, III a, maupun III b.

“Ada empat fokus saya menjadi Pj Bupati Bekasi. Saat ini, saya terus berusaha memotivasi para birokrat untuk bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, yang akan dirotasi dan promosi, tentunya sesuai dengan kompetensi dan kemampuan dalam bekerja untuk menyelesaikan berbagai program dengan rintangan serta dinamika pekerjaan,” beber Dani.

Sebagai informasi, saat ini jabatan yang kosong di tingkat eselon II di lingkungan Pemkab Bekasi, diantaranya Kepala Satpol PP, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Sedangkan tingkat eselon III a, Camat Cikarang Pusat, Sekretaris Bapenda, dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan. (and)