Berita Bekasi Nomor Satu

Mensos Berikan Alat Bantu Difabel

BAGIKAN KURSI RODA: Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan kursi roda kepada Jemaat anak Disabilitas di Gereja HKBP Maranatha Rawalumbu Kota Bekasi, Senin (27/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memberikan sejumlah bantuan bagi kaum disabilitas di salah satu gereja di Kota Bekasi. Pemberian bantuan kepada Jemaat Gereja HKBP Maranatha Rawalumbu, Kota Bekasi tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Senin (27/6).

Jemaat gereja sudah berkumpul sejak sore di lingkungan gereja HKBP Maranatha Jalan Naar nomor 116, RT 02/04, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Mereka nampak tengah menunggu kedatangan Mensos yang dijadwalkan datang sore hari.

Setibanya di lokasi, Risma menjumpai jemaat gereja dan menyerahkan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Ia mengatakan bahwa kerjasama antara Kemensos dengan gereja ini sudah terjalin sejak lama, disebut bahwa HKBP Maranatha ini merupakan salah satu gereja yang konsisten untuk membantu kaum disabilitas.

“Sebetulnya datanya banyak, cuma data ke saya kalau nggak salah 118 (penyandang disabilitas),” kata Risma.

Bantuan yang diserahkan oleh Kemensos diantaranya alat bantu dengar, kursi roda elektrik, kursi roda adaptif, sepatu ortopedi, tongkat netra, walker, serta kaki dan tangan palsu. Total bantuan yang diberikan tersebut diketahui senilai Rp193.450.000.

Lebih lanjut, Risma mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan semua penyandang disabilitas di tempat ini. Hanya, ada beberapa alat bantu yang membutuhkan kehadiran fisik seperti kaki dan tangan palsu.

“Ini memang bisa kita lakukan bertahap, ada yang harus membutuhkan kehadiran fisik dan lain sebagainya, misalnya untuk pembuatan kaki palsu dan lainnya,” tambahnya.

Selain alat bantu bagi mereka, pihaknya juga menjanjikan aksesibilitas penyandang disabilitas untuk membangun usaha. Hal ini dilakukan untuk membantu para penyandang disabilitas mandiri, sehingga dapat mengurangi beban para pendamping maupun keluarga.

“Saat ini juga sedang kita siapkan untuk bagaimana kami bisa membantu mereka untuk usaha,” tukasnya. (sur).


Solverwp- WordPress Theme and Plugin