Berita Bekasi Nomor Satu

Ajak Siswa Berkurban di Iduladha, MAN 1 Bekasi Pupuk Jiwa Berbagi

POTONG DAGING: Siswa MAN 1 Bekasi memotong daging hewan kurban. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Guna memberikan gambaran nyata tentang makna dan semangat berkurban kepada anak didik, keluarga besar MAN 1 Bekasi (Mantusi) gelar penyembelihan hewan kurban.

Sebanyak empat hewan sapi kurban disembelih di lapangan basket MAN 1 Bekasi, Senin (11/7). Kepala MAN 1 Bekasi Amal Basyari mengatakan, sudah menjadi agenda tahunan pelaksanaan kurban dilakukan oleh pihak sekolah didukung seluruh orangtua siswa.

Dengan kegiatan kurban tersebut pihaknya ingin para siswa Mantusi dapat mengerti tentang sejarah kurban, tata cara berkurban, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan yang terpenting adalah bagaimana memberikan pelajaran berkurban ikhlas.

“Tentunya untuk kedepan harapan dan doa dari kami yakni agar seluruh siswa dan semua keluarga besar Mantusi memiliki kesadaran yang tinggi serta selalu meneladani para nabi untuk berbagi dengan sesama dalam bentuk berkurban,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada dewan guru dan para panitia kurban serta seluruh orangtua siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Semoga apa yang dilakukan menjadi keberkahan untuk kita semua,” ungkapnya.

Sementara, Ketua pelaksana kegiatan Asep Gunawan mengatakan, kurban yang dilaksanakan tiap tahun ini untuk meningkatkan semangat keikhlasan untuk berbagi dalam kebersamaan kepada sesama serta semangat untuk lebih tekun belajar bagi siswa Mantusi.

 

Ia mengatakan, Iduladha yang sejatinya sangat lekat dengan hewan kurban sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk merayakannya. Menurutnya, keuangan untuk membeli satu hewan kurban sapi berasal dari infaq siswa kelas X dan XI yang merupakan salah satu program sekolah serta tiga hewan sapi dari dewan guru yang berkurban.

Daging sapi tersebut akan dibagikan secara merata kepada seluruh siswa para warga serta semua keluarga besar Mantusi, yang  merupakan salah satu cara penerapan pendidikan karakter bagi anak-anak didik.

“Untuk 1 ekor sapi itu dari para siswa, sedangkan 3 ekor sapi dari para guru yang berkurban,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, banyaknya daging sapi yang dibagikan dalam kurban ini sebanyak 500 kantong dengan berat 500 gram. Adapun penerima daging kurban ada 500 orang diantaranya untuk masyarakat sekitar berjumlah 250 orang, dewan guru yang berkurban sebanyak 54 orang, guru panitia serta guru bukan panitia 70 orang, sisanya diberikan pada seluruan kelas dari kelas X, XI  sebanyak  126 kantong.

Ia berharap, nilai-nilai kurban ini akan benar-benar ada dalam hati seluruh keluarga besar MAN 1 Bekasi hingga dalam peringatan hari raya Iduladha kali ini akan semakin memperkokoh pendidikan karakter siswa serta semua civitas akademik MAN 1 Bekasi. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin