Warga Selatan Apresiasi Pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah

FOTO BERSAMA: Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, foto bersama dengan sejumlah anggota DPRD dari PDIP, tokoh agama dan masyarakat, pada kegiatan reses di Desa Sukadami, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (13/7). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Warga Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, mengaku senang atas perbaikan dan pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah, setelah menunggu selama bertahun-tahun.

Luapan kegembiraan ratusan warga itu, disampaikan saat mengikuti kegiatan reses III Tahun Sidang 2021-2022 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti, di Kantor Desa Sukadami, Rabu (13/7).


“Sebelum jalan ini diperbaiki, setiap hari mau pagi, siang, sore, malam, selalu macet. Mudah-mudahan, setelah selesai dikerjakan, warga Desa Sukadami yang hendak beraktivitas tidak lagi mengalami kemacetan,” kata seorang warga Desa Sukadami, Age (45).

Dirinya mengaku bersyukur, ruas jalan utama yang dilintasi warga setiap hari itu, tidak hanya diperbaiki, namun juga mendapat sentuhan pembenahan dengan pekerjaan pelebaran, peningkatan, hingga pembuatan median jalan dan drainase saluran air.


“Semoga realisasi pekerjaannya nanti sesuai yang diharapkan bersama. Selain menjadi solusi macet, juga dapat mencegah banjir, seperti di sejumlah titik jalan yang kerap muncul genangan air,” harapnya.

Hal senada disampaikan warga lain, Zaenal (47), yang mengapresiasi segenap unsur terkait yang sudah memperjuangkan perbaikan dan pelebaran ruas jalan provinsi, sekaligus penghubung ke sejumlah kawasan industri besar di wilayah itu.

“Terima kasih kepada Pemprov Jabar, Pemkab Bekasi, juga kepada Kang Jejen, yang sudah memperjuangkan pelebaran jalan ini. Semoga dicatat sebagai amal kebaikan,” ucapnya.

Sementara Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Jejen Sayuti menjelaskan, perbaikan Jalan Cikarang-Cibarusah ini merupakan hasil koordinasi legislatif dan eksekutif dari dua unsur, yakni Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi, serta DPRD Jawa Barat maupun DPRD Kabupaten Bekasi.

“Pelebaran jalan ini merupakan hasil koordinasi yang baik antara kami di DPRD Jabar dan Kabupaten Bekasi, juga dengan pemerintah daerah,” terang Jejen.

Diakui Jejen, pihaknya sejak bertahun-tahun lalu kerap mendorong agar Pemprov Jabar bisa segera menindaklanjuti keluhan warga yang disampaikan kepadanya, terkait rusaknya ruas jalan tersebut, meskipun sempat terkendala pembebasan lahan yang menjadi kewenangan Pemkab Bekasi.

“Oleh sebab itu, teman-teman yang duduk di DPRD Kabupaten Bekasi juga terus mendorong Pemkab Bekasi, agar menyediakan anggaran pembebasan lahan, sehingga akhirnya bisa terlaksana,” bebernya.

Sedangkan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono yang turut hadir dalam reses tersebut menjelaskan, bahwa reses merupakan kegiatan tahunan yang penting untuk diselenggarakan oleh para anggota dewan, guna mendengar keluhan masyarakat.

“Jadi, agenda reses ini bukan hanya sekedar seremonial saja. Ini adalah waktu dimana bapak-bapak dan ibu-ibu bisa langsung mengadu ke anggota dewan, sehingga suatu masalah bisa dicarikan solusinya. Salah satu contoh, ya seperti pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah ini,” terang Ono. (and/adv)