Aktif Ikut Lomba Karya Tulis

Abelyne

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Abelyne (17) merupakan pelajar SMKN 2 Cikarang Barat yang aktif mengikuti lomba karya tulis. Tujuannya untuk menambah wawasan dan pengalaman.


Ia bercerita, mulai aktif mengikuti lomba saat awal pandemi Covid-19. Segala fasilitas umum yang ditutup serta pembelajaran dilakukan jarak jauh membuatnya  banyak memiliki waktu luang.

“Karena kebetulan waktu itu saya mempunyai banyak waktu luang dan ingin keluar dari zona nyaman, akhirnya saya coba coba lomba online untuk menambah pengalaman dan wawasan,” ungkap Abel- sapaan akrabnya.


Meskipun tak memiliki pengalaman, Abel memberanikan diri mengikuti lomba esai tentang Hutan Mangrove. Terlebih dia percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Sikap optimisnya mengantarkan pelajar ini meraih juara lima dalam lomba secara daring yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo. “Saya tetap bangga (juara lima,Red), karena pada saat itu lomba terbuka untuk umum dan juara-juara di atas saya adalah mahasiswa,” katanya.

Sejak saat itu dirinya kerap mengikuti lomba karya tulis secara daring dalam rangka mengisi waktu luang. Meskipun tak selalu meraih kemenangan dalam setiap lomba yang diikuti, namun Abel tetap merasa puas.

“Walaupun kadang hanya jadi peserta dan beberapa kali jadi finalis, tapi mengikuti lomba ini merupakan langkah yang besar untuk saya,” ujarnya.

Selama dua tahun belakangan ini, Abel mencatat lima kali meraih juara dari 12 perlombaan yang diikuti. Yakni juara 5 lomba esai Mangrove 2020, juara 3 NAC STAN 2021, juara 3 lomba Karya Tulis ilmiah se-Jawa Barat oleh Diknas dan AKSI 2021, juara 2 lomba Karya Tulis Ilmiah oleh GEN BI IKOPIN University, dan lima besar lomba Essay Industrial Chemical Engineering oleh Himpunan mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Universitas Diponegoro 2021. Berbagai lomba yang diikuti telah memberikan banyak manfaat bagi Abel, termasuk lebih semangat untuk membaca.

“Saya sekarang ini jadi banyak membaca untuk membuat esai, gak hanya  stuck di bidang akuntansi. Dari lomba ini juga, saya menemukan ketertarikan lebih dalam bidang inovasi teknologi. Intinya saya senang bisa merasakan pengalaman ini,” pungkasnya. (dew)