Bekasi Waspada Cacar Monyet

Illustrasi Cacar

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit monkey pox atau cacar monyet. Penyakit cacar monyet merupakan penyakit zoonosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, menjelaskan, walaupun di wilayah Indonesia masih tergolong aman dan Kota Bekasi belum menemukan kasus tersebut, warga harus tetap waspada


”Kewaspadaan dan antisipasi sangat diperlukan, maka dari itu Dinas Kesehatan Kota Bekasi memberikan pengertian dari masing-masing tahap serta gejala dari Monkeypox ini,” kata Tanti Rohilawati.

Gejala penyakit ini tergolong ringan yang berlangsung selama dua hingga empat pekan. Meski demikian, penyakit ini bisa berkembang menjadi gejala yang berat atau bahkan sampai kematian.


Tanti menyebut gejala dengan kategori suspek cacar monyet ini di antaranya sakit kepala, demam akut di atas 38,5 derajat celcius, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, terjadinya sakit punggung, dan makin melemahnya daya tahan tubuh.

Untuk kategori probable memiliki gejala seperti memenuhi kriteria suspek, dan telah melakukan aktivitas seperti tatap muka, kontak fisik dengan kulit atau lesi kulit, kontak seksual serta kontak dengan benda yang telah terkontaminasi dari kasus konfirmasi 21 hari.

“Pada tahap konfirmasi bisa terlihat dari hasil pemeriksaan laboratorium sekuensing Monkeypox atau PCR,” tutupnya. (dil/pjk).