Wujudkan Prestasi Internasional, Pengcab Taekwondo Kota Bekasi Jalin Kerjasama dengan Korsel

FOTO BERSAMA: Delegasi dari Taekwondo Kota Bekasi, KONI dan Dispora foto bersama dengan pihak Seongnam City Sport Council. IST/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebagai upaya mendorong peningkatan prestasi atletnya di level internasional, Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Kota Bekasi menjalin kerjasama dengan Seongnam City Taekwondo Association, Korea Selatan.


Kerjasama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Ketua Pengcab Taekwondo Kota Bekasi Arwani dan Presiden Seongnam City Taekwondo Association Mr. Choi Jai Goo pada 27 Juli 2022 di Seongnam City Korea Selatan.

Dalam kesempatan itu, turut serta Ketua KONI Kota Bekasi Abdul Rosyad Irwan, yang juga melakukan MoU dengan Seongnam City Sport Council serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi Ahmad Zarkasih selaku perwakilan Pemerintah Kota Bekasi.


”Taekwondo Kota Seongnam dipilih oleh Taekwondo Kota Bekasi sebagai mitra kerjasama karena Seongnam merupakan salah satu kota yang menyumbang atlet nasional paling banyak bagi Korea Selatan didalamnya banyak juara dunia taekwondo berasal dari Kota ini,”ujar Arwani Ketua Taekwondo Kota Bekasi.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan pemilihan Kota Seongnam adanya rekomendasi Mr. Kwak Youngmin selaku perwakilan dari Organisasi Taekwondo Dunia “Kukkiwon”.

Bagi Taekwondo Kota Bekasi ini merupakan sejarah tersendiri karena menjadi satu-satunya pengcab Taekwondo yang menjalin kerjasama secara resmi dengan asosiasi Taekwondo di Korea Selatan dan menjadi pembuka jalan terjalinnya MoU KONI Kota Bekasi dengan Seongnam City Sport Council.

”Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan beladiri Taekwondo di kedua negara baik dalam hal pertukaran atlet, pelatih, manajer serta partisipasi event di kedua negara.  Bagi Pengcab Kota Bekasi, MoU ini memberi manfaat agar prestasi Taekwondo Kota Bekasi berkembang pesat dan mempunyai standar prestasi internasional,”tambahnya.

Sebelum MoU ini dilakukan, Pengcab Taekwondo Kota Bekasi terlebih dahulu mengirimkan empat atlet  dan dua pelatih untuk berlatih selama satu bulan sebagai ajang menimba ilmu dalam rangka persiapan Porprov XIV Jawa Barat pada November mendatang.

”Hal Ini merupakan langkah awal untuk selanjutnya disusun kegiatan sebagai tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani berupa pembinaan atlet, pelatih dan stakeholders Taekwondo Kota Bekasi sehingga prestasi Taekwondo Kota Bekasi bisa go Internasional,”jelasnya.

Dalam waktu dekat Seongnam City Taekwondo Association akan melaksanakan kunjungan balasan ke Kota Bekasi dengan membawa atlet dan pelatih untuk berlatih bersama serta melakukan supervisi perkembangan teknik dan strategi bertanding atlet Taekwondo Kota Bekasi.

Diketahui,  delegasi dari Kota Bekasi yakni Ketua KONI Abdul Rosyad Irwan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ahmad Zarkasih, Ketua Pengcab Taekwondo Kota Bekasi, Arwani, dan Mr. Kwak Youngmin (Kukkiwon Taekwondo Master Korea Selatan). Kunjungan itu berlangsung sejak 25  hingga 29 Juli 2022 di Kota Seongnam Korea Selatan. Penandatanganan MoU dilakukan pada 27 Juli 2022 di Seongnam City Sport Council Office Korea Selatan. (one/pms).