Ini Tips Beli Helm Sepeda yang Tepat dan Nyaman

 

PANDEMI COVID-19 yang sudah terjadi selama hampir tiga tahun membuat kebiasaan orang-orang pun menjadi berubah. Salah satunya adalah dalam hal berolahraga, seperti sepeda.


Kini, banyak orang yang lebih aktif melakukan olahraga sepeda, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Meroketnya tren bersepeda juga diikuti dengan hadirnya berbagai aksesoris yang menunjang olahraga ini, seperti helm sepeda.

Banyak merek yang menawarkan aksesoris seperti helm sepeda dengan berbagai model dan juga warna. Namun, meskipun telah banyak hadir model helm sepeda yang eye catching, bukan berarti Anda bisa membelinya tanpa memperhatikan berbagai aspek.


Sama seperti aksesoris olahraga lainnya, ada baiknya Anda juga cermat memilih helm sepeda yang sesuai dengan bentuk kepala Anda. Jangan sampai salah memilih helm dan membuat Anda menjadi tidak nyaman ketika bersepeda.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli helm sepeda? Berikut tips dan ulasannya.
1. Pilihlah Helm Bersertifikat
Tips pertama yang bisa diterapkan adalah dengan memilih helm sepeda yang memiliki sertifikat dan berstandar nasional atau internasional, seperti CE(European safety standard). Meskipun dirasa helm yang Anda incar bagus, memiliki model yang kekinian dan warna yang menarik, tetapi jangan tergoda jika kualitasnya tidak terjamin.

Pilihlah helm yang memiliki standar nasional Indonesia. Hal ini penting agar menjaga Anda dari hal-hal atau kejadian yang tidak diinginkan.
2. Sesuaikan Jenis Helm dengan Aktivitas Anda
Kedua, pastikan juga Anda memilih helm yang sesuai dengan aktivitas yang ingin dilakukan. Misalnya bersepeda, pilihlah helm yang memang dikhususkan untuk naik sepeda dan memiliki standar yang jelas.

Selain itu, nyatanya helm sepeda juga memiliki banyak varian lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis kegiatan atau sepeda Anda. Seperti jika Anda merupakan pengguna sepeda road bike, maka pilih helm sepeda yang aerodinamis.

Kemudian, jika Anda ingin bersepeda downhill, freeride, atau dirt jump, sebaiknya menggunakan helm full face. Jenis helm ini berguna untuk melindungi wajah Anda, karena biasanya medan yang akan dilalui juga akan lebih berat dengan jalanan yang tidak merata.
3. Pastikan Anda Mencoba Helmnya Terlebih Dahulu Sebelum Membeli
Jangan membeli kucing dalam karung. Pernah mendengar pepatah seperti ini?

Ya, sama seperti pepatah di atas, hal tersebut juga berlaku jika Anda ingin membeli helm sepeda. Sebaiknya, jangan langsung tergoda dengan model atau warna helm sepeda ketika pertama kali melihatnya.

Anda lebih baik mencobanya terlebih dahulu, sebelum memutuskan helm mana yang ingin dibeli. Pastikan ukuran helm sesuai dengan lingkar kepala Anda, agar tidak longgar dan nyaman dikenakan.

Cobalah untuk mengukur lingkar kepala Anda terlebih dahulu. Ukur jarak 2,5 cm dari atas alis mata menggunakan meteran baru. Kemudian dari titik tersebut, Anda bisa melingkarkan meteran mengelilingi kepala untuk mendapatkan lingkar kepala yang sesuai. Anda bisa mengulanginya sebanyak dua hingga tiga kali untuk mendapatkan angka yang tepat.
4. Jangan Lupa Mengecek Kualitas Bantalan (Busa)
Tips selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mengecek atau memperhatikan bantalan busa pelapis helm sepeda. Pilihlah bantalan yang tidak mudah mengkerut, karena busa yang mudah kempes akan membuat helm sepeda terasa longgar dan tidak nyaman lagi jika dipakai.

Bantalan yang terdapat di dalam helm sepeda berfungsi untuk menahan goncangan saat helm mengalami benturan. Hal ini penting agar menjaga Anda tetap aman selama berkendara dengan sepeda.

Tak hanya itu, bantalan ini juga berfungsi menyerap keringat, sehingga tetap nyaman digunakan. Namun ingat, tetap bersihkan bantalan ketika habis dipakai bersepeda, ya. Jangan sampai helm Anda bau dan tidak nyaman dipakai, karena jarang dibersihkan.
5. Perhatikan Tali Pengikat Helm
Anda juga sebaiknya memperhatikan tali pengikat pada helm, sebelum membelinya. Pilihlah helm yang terdapat tali pengikatnya, agar bisa menahannya tetap pada posisi semula.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memilih helm yang terbuat dari material yang kuat, agar tidak mudah lepas. Hal ini berguna agar tetap melindungi kepala jika terjadi benturan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk itu, Anda sebaiknya memperhatikan dengan teliti bahan yang digunakan oleh helm sepeda incaran Anda, agar bisa mengetahui bagaimana kualitasnya. Tali pengikat dagu juga akan dianggap ideal ketika membentuk seperti huruf V, tepat di bawah telinga. Jadi, pastikan untuk mencobanya benar-benar, ya.
6. Jangan Lupa Cek Lubang Ventilasi Helm
Terakhir, jangan lupa juga untuk mengecek lubang ventilasi helm. Tak hanya sekadar pemanis, lubang ventilasi berfungsi agar udara memiliki jalur masuk dan keluar, sehingga Anda tidak kepanasan dan kulit kepala juga bisa mendapatkan udara.

Setiap helm biasanya memiliki sistem ventilasi yang berbeda, jadi pastikan untuk memperhatikannya dengan cermat. Apabila helm sepeda yang Anda coba pakai terasa sejuk, maka ventilasi tersebut termasuk baik.

Bagaimana, sudah siap membeli helm sepeda incaranmu dengan melihat tips di atas? Jika Anda berencana mencari helm sepeda setelah melihat tips di atas, Anda bisa mencarinya di marketplace seperti Blibli. Di Blibli terdapat berbagai macam helm sepeda yang bisa dipilih untuk menyempurnakan outfit bersepeda Anda. (*/)