Berita Bekasi Nomor Satu

Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta, Beri Pelatihan Olah Pangan dan Kemasan Pelaku UMKM

FOTO BERSAMA: Tim Pengabdian masyarakat UPN Jakarta foto bersama dengan peserta pelatihan pelaku UMKM di Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, belum lama ini.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tim pengabdian masyarakat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta bekerja sama dengan komunitas UMKM Cikarang Selatan  mengadakan kegiatan pelatihan dan pembinaan dengan topik “Pengenalan Cara Produksi Olahan Pangan Yang Baik serta Penerapan Teknologi Pengemasan dan Pelabelan Pangan bagi pelaku UMKM”.

Bertempat di Aula Balai Desa Sukadami, jalan Raya Serang Cibarusah, pelatihan ini disambut antusias warga. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Desa Sukadami Abeng Arif.

“Terima kasih atas dukungan pihak UPN Veteran Jakarta  dalam peningkatan UMKM di wilayahnya. Pihak desa bersedia turut membantu dan mendukung untuk pelaksanaan pemberdayaan Cikarang Selatan,” katanya mengawali sambutan.

Ia berharap, pembinaan dan pendampingan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga ada kemandirian masyarakat yang berefek positif dalam meningkatkan target capaian peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Dengan adanya UMKM maka masyarakat bisa dibantu agar tidak tergoda pinjol yang menjerat keuangan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Neng Fakhriyana menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan UPN Veteran Jakarta dalam pembinaan UMKM.

“Ini menjadi contoh dari akademisi yang mampu menggerakkan dan membina pengusaha UMKM. Oleh karena itu, adanya pelatihan yang diberikan UPN Veteran Jakarta diharapkan UMKM Cikarang Selatan lebih bersinergi dengan pihak terkait. Pemda Kabupaten Bekasi berupaya memberikan dukungan yang positif dalam kegiatan ini dengan maksud agar pelatihan atau kegiatan bisa berkolaborasi dengan dinas setempat,” tegasnya.

Senada, Ketua Forum UMKM Cikarang Selatan, Jaeni berharap, pelaku UMKM lebih proaktif dalam perencanaan sehingga menghasilkan output yang bagus. “Semoga setelah mengikuti kegiatan ini, UMKM di Cikarang lebih produktif lagi,” ungkapnya.

Pelatihan dimulai dengan  pengenalan cara produksi pangan olahan yang baik serta penerapan teknologi pengemasan dan pelabelan pangan. Antusiasme peserta tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Narasumber yang menyampaikan pelatihan ini adalah Nanang Nasrulloh yang juga merupakan tim dari UPN Veteran Jakarta.

Selain memberikan pelatihan, tim pengabdian masyarakat juga mengunjungi lokasi produksi dari beberapa UMKM untuk memberikan bimbingan teknis secara langsung. Kunjungan diperlukan agar diperoleh informasi kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM secara langsung sekaligus memberikan saran solusinya. (mif/tim)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin