Kelamin Pasien Pertama Cacar Monyet Ada Ruam

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Pasien pertama cacar monyet mengalami ciri khas, yaitu ruam di alat kelamin dan limfanya membengkak.


Pasien cacar monyet pertama di Indonesia adalah pria berusia 27 tahun, memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Kementerian Kesehatan mengklaim gejala pasien cenderung ringan.

Meski begitu, pasien tersebut memiliki gejala khas cacar monyet yakni pembengkakan di daerah kelenjar getah bening yaitu kelenjar limfa.


Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, pasien saat ini tengah diisolasi di rumahnya, bukan di rumah sakit. Awal terdeteksi karena pasien memeriksakan dirinya ke dokter saat timbul gejala.

“Muncul gejala sejak tanggal 14 Agustus yaitu demam. Lalu tanggal 16 Agustus muncul ruam. Pasien periksa tanggal 18 Agustus. Hasil positif keluar tanggal 19 Agustus. Dan itu inisiatif pasien,” kata Syahril kepada wartawan, Sabtu (20/8).

Menurutnya, pasien cacar monyet tersebut memiliki gejala ruam di kulitnya. Salah satunya termasuk di alat kelamin.

“Tanggal 14 demam, lalu pembesaran kelenjar limfa. Saat ini dalam keadaan baik. Ia mengalami cacar dan ruam di muka, kaki, dan sebagian di alat genital,” jelasnya.

Syahril menegaskan saat semua fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit saat ini siaga untuk memberitahukan pasien dengan gejala serupa. Saat ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah melakukan surveilans dan juga pelacakan kontak erat pasien atau tracing.

“Ada kesigapan RS begitu tanggap, dengan cepat respons pemeriksaan PCR dalam hitungan 2 hari. Dan kabar positif segera terkonfirmasi,” jelasnya.

“Dinkes kini tengah melakukan surveilans kepada keluarga atau siapapun yang kontak erat dengan kasus cacar monyet ini,” tutup Syahril.(jpc)