Mulai Tekuni Pencak Silat

Nafisah Haniyyah

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelajar kelas 7 SMPN 16 Kota Bekasi bernama lengkap Nafisah Haniyyah ini mulai menekuni Pencak Silat. Di sekolahnya, dia bergabung ekstrakurikuler Pencak Silat.


Naya-sapaan akrabnya- mengaku, sudah menggeluti Pencak Silat sejak belum sekolah. Seni bela diri tradisional tersebut itu diperkenalkannya dari orangtuanya.

Selama latihan Pencak Silat, Naya sudah beberapa kali pindah perguruan silat. Dalam hal prestasi, belum banyak yang diraih oleh pelajar berusia 12 tahun tersebut.


Namun, Naya sudah pernah berhasil meraih medali emas dalam ajang kompetisi internasional Pencak Silat Pakubumi Open Champion ke–IX pada Februari 2022.

Sebelumnya, Naya juga pernah mengikuti kompetisi Pencak Silat Si Jali Bekasi Championship yang diadakan oleh KONI Kota Bekasi. Pada ajang lomba Pencak Silat se-Kota Bekasi tersebut, Naya berhasil mendapatkan medali perak.

“Waktu persiapan lomba tuh lumayan berat pastinya pas latihan fisik, karena di sana kan kita disuruh sit up, push up, lari 5 menit keliling lapangan, pokoknya di sana kita di paksa terus latihannya biar kuat nanti pas tanding,” ujar Naya menceritakan tentang persiapannya mengikuti kompetisi tersebut.

Jika dirinya sedang ingin mengikuti lomba Pencak Silat, Naya menjelaskan bahwa latihannya menjadi rutin setiap hari. Mulai dari latihan fisik hingga latihan teknik.

Namun kalau tidak ada perlombaan yang dia ikuti, Naya hanya latihan pada Minggu pagi, Senin, serta Rabu malam. Meskipun cukup aktif mengikuti lomba, Naya tidak melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

Dirinya tetap meluangkan waktu untuk mengulas kembali materi yang telah dibahas oleh gurunya. “Alhamdulillah sih karena sekolah gak sampe sore banget biasanya aku setelah balik sekolah sorenya itu aku latihan silat sampai malam, nah jam 9 malam aku baru belajar materi yang udah dibahas,” ungkapnya.

Dengan kegiatan yang begitu padat, Naya tidak merasa lelah terutama walaupun waktunya banyak habis di kegiatan Pencak Silat. Karena dirinya mengaku Pencak Silat merupakan hobi yang akan terus ditekuni. (cr1)