Bekasi Bakal Punya Alun-alun Desain RK

SEDANG BERMAIN: Sejumlah anak-anak sedang bermain di taman tematik, di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Minggu (21/8). Hingga saat ini, Kabupaten Bekasi belum memiliki alun-alun. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) bakal mendesign alun-alun di Kabupaten Bekasi sebagai ruang publik bagi masyarakat.

“Tidak lama lagi, warga Kabupaten Bekasi akan memiliki alun alun. Nanti saya yang akan mendesign-nya langsung,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini.


Ia menyampaikan, untuk pembiayaan sudah dianggarkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sedangkan lahannya, tinggal disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

“Untuk anggarannya telah kami siapkan. Yang penting, lahannya harus dekat ke pemukiman masyarakat, sehingga bisa dinikmati,” harap Emil.


Menurut dia, keberadaan alun-alun sangat penting untuk memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

“Jadi, pemerintah pun harus memfasilitasi masyarakat dalam berkreatifitas melalui penyediaan ruang publik yang representatif,” saran Emil.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan menjelaskan, pihaknya berencana untuk menyediakan lahan buat alun-alun. Ada beberapa lokasi, salah satunya berada di wilayah Kecamatan Setu.

“Lahan yang masih representatif ada di wilayah Kecamatan Setu. Kebetulan, belum lama ini sudah dilakukan peninjauan langsung oleh Pak Gubernur, dan bakal dijadikan sebagai kawasan destinasi wisata,” terang Dani. (and)