Berita Bekasi Nomor Satu

Buktikan Perempuan Bisa jadi Pemimpin 

Defandra Sagitha

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi. Hal itu dibuktikan oleh Defandra Sagitha.

Siswa kelas 9 SMPN 27 Kota Bekasi itu menjadi ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) masa bhakti 2021/2022. Selama menjadi ketua OSIS, banyak program yang dijalankannya.

Seperti, mengadakan kegiatan Edukasi Cerdas Literasi Digital dan anti hoaks yang juga menggandeng tim Masyarakat Peduli Literasi Digital (MALIDI). Bagi Defandra-demikian sapaan akrabnya- menjadi ketua OSIS merupakan sebuah tantangan baginya karena memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga kepercayaan sekolah dan siswa lainnya.

“Jadi ketua OSIS itu harus tahu cara mengatur para anggotanya, terus mengelola kegiatan– kegiatan yang ada di sekolah dan juga bertanggung jawab sama proker yang sudah kita bikin gimana caranya harus berjalan,” ujar pelajar berprestasi dibidang akademik dan nonakdemik ini.

Di sekolahnya, Defandra juga mengikuti ekstrakulikuler Paskibra. Dengan mengikuti lebih dari satu kegiatan, gadis berusia 14 tahun ini turut menghadapi tantangan karena harus pintar membagi waktu antara kegiatan OSIS dan Paskibra.

Dalam membagi waktu aktivitasnya itu, dirinya akan memprioritaskan kegiatan yang harus diselesaikan lebih dahulu. “Jadi contoh Paskibra mau ada kegiatan latihan buat lomba nih tapi di satu sisi OSIS juga mau rapat, nah aku bakalan ke OSIS dulu kasih tahu apa aja yang mau aku sampein di rapat terus aku serahin ke anggota lain kayak waketos atau sekretarisnya, setelah itu baru aku bisa latihan Paskibra. Jadi dua duanya masih bisa aku pegang,” ungkapnya. (cr1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin