Gemar Menulis dan Membaca

Refa Dwiana Putri

 

RADARBEKASI.ID, BEKASIMenulis dan membaca merupakan kegiatan yang digemari oleh Refa Dwiana Putri. Sedari kecil, siswa kelas 9 SMPN 16 Kota Bekasi ini mengaku gemar membaca dan menulis cerita pendek (cerpen).


Karena kegemarannya ini, Refa-panggilan akrabnya- sempat mengikuti beberapa olimpiade mata pelajaran dan lomba yang berkaitan dengan membaca dan menulis. Salah satunya lomba cerpen tingkat nasional dan mendapatkan juara 3 pada kategori penulis terunik.

Ia menjelaskan, pada lomba tersebut dirinya menulis sendiri cerita pendek yang dibacakan.  “Jadi tuh kita dikasih tema gitu, terus abis itu kita tulis sendiri cerita yang mau kita bacain dan alhamdulillah aku disitu dapet penulis terunik,” ungkap Refa.


Karena senang sekali menulis, Refa sering ditunjuk untuk menjadi sekretaris di kelasnya untuk mencatat materi yang disampaikan oleh guru di papan tulis. Bahkan ia dipercaya untuk menjadi sekretaris organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di sekolahnya.

Dari kebiasaannya membaca, Refa juga pernah meraih beberapa prestasi seperti mendapatkan medali emas pada olimpiade mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Ia mengaku bangga atas prestasi yang diraih selama ini.

Tidak dipungkiri, di usianya yang masih berumur 15 tahun Refa mengaku masih memiliki rasa malas dalam dirinya. “Aku tuh jeleknya kadang masih suka males juga. Aku suka sih baca sama nulis, tapi kalau lagi males tuh pasti males banget,” ujarnya.

Ia mengatakan, rasa malasnya biasanya muncul saat ingin mengikuti perlombaan. “Ada beberapa lomba juga yang aku ikuti dan belum menang. Tapi, aku sih sadar itu karena persiapan aku yang kurang matang karena rasa malas tadi. Aku juga punya motivasi pokoknya apapun yang udah aku lakuin itu harus aku selesaikan dan harus mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya. Dengan ambisinya tersebut, Reva berharap bisa mendapatkan prestasi yang lebih membanggakan. (cr1)