Try Out Online CPNS Lancar Jaya

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat menginisiasi sebuah platform tryout online berbasis website yang dinamai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara. Pada kesempatan hari ini Sabtu, (10/9) Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, telah melaunching aplikasi tersebut di hadapan para peserta tryout yang hadir di Hotel Santika Mega City  Bekasi.

Peluncuran CASN Juara. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

 


Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir untuk memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dimana minat masyarakat untuk mengikuti CPNS dan PPPK meningkat setiap tahunnya.

Kepala BKD Jawa Barat Yerry Yanuar menjelaskan, bahwa CASN Juara dapat membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas pegawai. CASN Juara dapat diakses oleh siapa pun, tidak hanya di wilayah Jabar tapi seluruh Indonesia.


“Seluruh masyarakat di Indonesia bisa pakai, tidak harus di Jawa Barat,” ujarnya saat ditemui Radar Bekasi, Sabtu (10/9).

Menurut Yerry, Gubernur Ridwan Kamil menaruh perhatian khusus bagi para CASN tidak hanya di Jabar tapi di seluruh Indonesia. “Untuk itulah platform CASN Juara ini hadir untuk membantu dan memudahkan CASN,” tuturnya.

Selain dapat digunakan untuk tryout CPNS/PPPK, CASN Juara menawarkan fitur lainnya seperti soal latihan, perkembangan diri melalui grafik, hingga peringkat. Terdapat lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis.

CASN Juara juga menyajikan pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional seperti Humas, Penyuluh Pertanian, Guru, Statitasi, dan lain-lain. Pejuang CPNS juga bisa mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Proses pendaftaran CASN Juara  bisa dengan mudah dilakukan melalui casnjuara.jabarprov.go.id. Setelah berhasil mendaftar dan melengkapi data pada kolom profil, akun perlu diaktivasi sebelum dapat menikmati fitur latihan soal.

“Jadi tidak ada syarat khusus untuk melakukan pendaftaran, hanya melengkapi biodata saja. Jadi aplikasi ini memang untuk mempermudah calon CPNS untuk berlatih soal-soal,” terangnya.

Proses aktivasi dapat dilakukan dengan mengunggah jepretan layar (_screenshot_) telah melakukan _follow_ akun resmi Instagram CASN Juara, BKD Jawa Barat, dan Ridwan Kamil pada kolom yang tersedia di beranda.

Sementara Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa, aplikasi ini merupakan salah satu langkah Jawa Barat kepada Indonesia dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Jawa Barat sebagai salah satu juara PNS dengan kinerja terbaik se-Indonesia, menyumbangkan salah satu pikiran dimana aplikasi ini merupakan salah satu langkah dalam menyiapkan SDM unggul dan berkualitas,” ungkapnya.

Menurutnya dengan fitur-fitur yang tersedia saat ini, para calon CPNS dapat berlatih terus menerus. Sehingga pada saat formasi CPNS dibuka para peserta sudah siap dan matang.

“Jadi aplikasi ini banyak sekali soal-soal latihan yang memudahkan CPNS, dimana ketika formasi dibuka nanti. Mereka sudah memiliki bekal yang sangat matang, dan mudah-mudahan dapat lolos dengan kualitas yang baik,” tuturnya.

Dari 11.000 masyarakat yang melakukan proses pendaftaran, sebanyak 360 peserta hadir secara langsung untuk mengikuti tryout pada aplikasi CASN.

“Jadi dari banyaknya peserta yang mendaftar, hanya beberapa saja yang mengikuti latihan secara langsung. Sisanya daring dirumah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil berharap aplikasi CASN ini dapat menghasilkan SDM yang berkualitas. Sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan memiliki SDM yang berkualitas.

“Kemajuan negara saat ini diukur dari SDM yang berkualitas, maka kita harap ini bisa menjadi salah satu langkah. Agar Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan juga negara yang semakin kuat,” pungkasnya. (dew)