Mahasiswa KKN Unisma Bekasi Bekali Keterampilan Fotografi ke Pemuda Segarjaya

ISTIMEWA/RADAR BEKASI PELATIHAN – Mahasiswa KKN Unisma Bekasi foto bersama dengan sejumlah Pemuda Desa Segarjaya Kabupaten Karawang. Para mahasiswa memberikan pelatihan fotografi ke para pemuda desa tersebut.

BEKASI SELATAN – Mahasiswa KKN Unisma Bekasi memberikan pelatihan fotografi kepada para pemuda Dusun Kali Asin 2 desa Segarjaya, yang bertempatkan di depan posko kkn Unisma Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Pelatihan fotografi dilaksanakan di depan teras rumah posko KKN Unisma Bekasi. Tujuan dari pelatihan tersebut guna meningkatkan keterampilan pemuda desa dalam mengambil gambar untuk kebutuhan promosi Pariwisata Pantai Pulau Putri yang ada di Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.


Pelatihan ini dibagi menjadi tiga sesi kegiatan yaitu dari mulai pemaparan materi terkait pemahaman jenis kamera dan dasar-dasar fotografi, lalu praktek cara melakukan setingan kamera manual dan pengambilan foto, dengan kondisi tempat yang berbeda-beda, dan kegiatan terakhir adalah mengkaji materi serta penghafalan pengaturan dasar fotografi, lalu pengecekan hasil foto.

Antusias para pemuda mengikuti kegiatan pelatihan ini cukup bagus, karena para pemuda desa sadar betul dengan adanya pelatihan ini sangatlah penting bagi mereka untuk tujuan mengenalkan, dan mempromosikan bentuk Pariwisata Pantai Pulau Putri yang ada di desanya melalui media foto.


“Terutama saya berterimakasih kepada Mahasiswa KKN Unisma yang telah memberikan pelatihan ini, saya juga sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini” ujar rian pemuda Desa Segarjaya yang mengikuti pelatihan, kemarin.

Pelatihan ini mengajarkan beberapa teknik dasar pengambilan fotografi seperti mempelajari segitiga exposure dalam fotografi yaitu Iso, Shutter Speed, dan Aperture. Serta mengarahkan mereka untuk melakukan pengambilan foto dengan komposisi yang tepat, agar foto yang dihasilkan mempunyai suatu cerita yang menarik dan dapat mendeskripsikan hasil fotonya.

Dengan adanya pelatihan ini pemuda dusun Kali Asin 2, Desa Segarjaya, Kabupaten Karawang menjadi terlatih bagaimana cara menggunakan kamera dalam mengambil gambar yang memiliki history dan komposisi yang tepat.

“Pelatihan ini cukup bagus untuk menambah pengetahuan anak-anak pemuda desa kami mengenai apa dasar-dasar fotografi, jadi mereka paham gimana caranya menggunakan kamera” ujar ketua penggerak pemuda Dusun Kali Asin 2, Desa Segarjaya, Karnadi.

Sementara itu, kepala desa Segarjaya, Kabupaten Karawang menyambut baik pelatihan tersebut. Dia berharap, melalui pelatihan ini para pemuda di Desa Segarjaya bisa ikut mempromosikan potensi wisata di wilayah tersebut.

“Tentu bagus dengan adanya pelatihan ini sehingga bisa mendidik para pemuda desa kali asin menjadi kreatif pada bidang seni yaa, khususnya dibidang seni fotografi ini, ”tandasnya. (mif/gus)