Lagi, Nama Warga Dicatut Parpol

ILUSTRASI : Kantor KPU Kabupaten Bekasi di Kecamatan kedungwaringin. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI РKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mencatat,  ada 16 warga nama ya dicatut oleh sejumlah partai Politik (Parpol) . Nama warga tersebut masuk ke salah satu kepengurusan partai politik di Kabupaten Bekasi, tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.


“Sampai saat ini ada 16 masyarakat yang melakukan pengaduan ke KPU, karena namanya masuk ke dalam Sipol. Itu akumulasi dari hari-hari sebelumnya,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bekasi, Abdul Harits, kepada Radar Bekasi, Kamis (15/9/2022).

Kata Harits, mereka yang namanya masuk ke dalam Sipol rata-rata masyarakat biasa, yang memang tidak tahu namanya tercantum di salah satu partai politik. Dalam hal ini KPU sudah menyediakan link untuk masyarakat mengecek datanya masing-masing.


“Mereka rata-rata masyarakat biasa, yang memang nggak tahu namanya tercantum. Yang pasti KPU sudah menyediakan linknya untuk masyarakat mengecek, apakah namanya terdaftar apa tidak,” katanya.

Sementara untuk partai politik yang keanggotaannya ganda, semua sudah membuat surat klarifikasi. “Kalau keanggotaan ganda masing-masing parpol sudah membuat klarifikasi dan sekarang sudah selesai,” ungkapnya.

Saat ini, 24 partai politik di Kabupaten Bekasi sudah mengikuti verifikasi administrasi. Kemudian, mulai hari ini, Kamis (15/9/2022) sampai 28 September 2022, KPU memberikan waktu untuk partai politik melakukan perbaikan keanggotaan yang belum memenuhi syarat. Sementara untuk yang tidak memenuhi syarat, harus diganti dengan anggota yang baru.

“Kita memberikan waktu untuk perbaikan keanggotaan yang belum memenuhi syarat. Misalnya, yang inputnya salah, nomor NIKnya tidak sama antara yang diinput dengan yang di KTP, KTAnya tidak sesuai. Itu harus diperbaiki,” ucap Harits.

Nanti keputusan apakah partai tersebut memenuhi syarat apa tidak, akan ditentukan pada tanggal 9 Oktober 2022, setelah partai politik melakukan perbaikan. “Kita verifikasi lagi sampai tanggal 9 Oktober 2022. Hasilnya baru ketahuan, partai mana saja yang lolos verifikasi administrasi,” tuturnya. (pra)