Mahasiswa KKN Unisma Bekasi Ajarkan Warga Mengelola Medsos

Radarbekasi.id, BEKASIS ELATAN – Antusiasme warga dusun Citeureup III, terlihat saat mengikuti sosialisasi pentingnya Media sosial sebagai sarana informasi. Warga terlihat menyimak setiap materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN Unisma Bekasi.

“Kami sangat menyambut baik kakak-kakak mahasiswa yang sedang melakukan KKN di sini, terutama dalam pengelolaan UMKM melalui media sosial. Karena memang di dusun sini belum ada kegiatan seperti ini yang dilakukan oleh mahasiswa manapun yang mengajarkan tentang media sosial dan dampaknya ke UMKM,” ujar salah seorang warga,  Tarsedi.


Program ini juga dilakukan  sebagai ajang untuk silaturahmi antara Mahasiswa KKN Universitas Islam 45 Bekasi 2022 khususnya kelompok 10 dengan masyarakat Desa Kutamukti, dan sosialisasi pengaruh jurnalistik dalam pengelolaan media sosial Instagram.

Kegiatan program ini dibuka oleh mahasiswa KKN kelompok 10 yaitu Abdel Achryan selaku ketua KKN kelompok 10,  Aullio Adi Satria Latief (mahasiswa FKSB) , M. Rafsya Aditya (Mahasiswa Agribisnis), dan juga Indra Oktavian (Mahasiswa Agribisnis). Setelah sambutan, ketiga mahasiswa tersebut langsung menjabarkan kegiatan program masing-masing, salah satunya adalah Aullio Adi Satri Latief yang menjabarkan tentang pengaruh jurnalistik dalam pengelolaan media sosial Instagram.


Seperti yang kita ketahui, pengaruh jurnalistik dengan penggunaan media sosial Instagram ini memiliki peluang yang besar untuk melakukan promosi terhadap produk-produk yang dimiliki oleh masyarakat dusun Citeureup III ini. Karena, pengaruh jurnalistik dalam pengelolaan media sosial Instagram ini yang bisa dimanfaatkan dan dimengerti dengan mudah oleh masyarakat dusun Citeureup III ini adalah seperti brand jurnalistik dan juga pembuatan caption yang menarik sesuai dengan produk yang dihasilkan.

Dalam program ini juga dilakukan kegiatan sosialisasi serta praktik terhadap masyarakat dusun untuk mempromosikan produk yang ada, dengan menggunakan nilai-nilai jurnalistik agar menarik dan produk dapat dikenal oleh masyarakat luas.Semua orang pada saat sudah menggunakan berbagai platform media digital terutama Instagram untuk meningkatkan kualitas produk nya, serta  penggunaan media sosial ini juga tanpa adanya batasan apapun berkat kemajuan teknologi.

“Pengaruh jurnalistik untuk UMKM ibu/bapak sekalian sangat memiliki peluang agar dikenal oleh masyarakat luas, dengan adanya platform digital Bernama Instagram ibu/bapak sekalian dapat memanfaatkanya dengan promosi produk-produk yang ada. Seperti brand jurnalistik, dimana brand jurnalistik ini adalah cara promosi menggunakan video yang menarik yang sudah diajarkan, dan juga pembuatan caption yang sudah disampaikan juga sebelumnya.”ujar Aullio Adi saat memaparkan materi dihadapan masyarakat dusun Citeureup  III yang hadir pada kegiatan sosialisasi dan praktik.(mif/aulio)