Berita Bekasi Nomor Satu

Lestarikan Sejarah, Mahasiswa Unisma Bekasi Helat Segaran Culture Festival’

Radarbekasi.id, BEKASI SELATAN – Untuk meningkatkan potensi wisata lokal, mahasiswa KKN Unisma bekasi menggelar pertunjukan budaya di Candi Jiwa dan area museum Candi Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Segaran serta sejumlah warga desa.Kegiatan diisi dengan pertunjukan permainan tradisional dan memperkenalkan kembali kepada masyarakat luas tentang ada nya peninggalan sejarah yaitu candi jiwa dan candi blandongan.

Pada kegiatan Segaran Culture Festival terdapat tiga kegiatan yang dilakukan yang pertama yaitu permainan tradisional yang di ada kan pada pagi hari, lalu ada tour candi dan acara puncak yaitu pementasan drama yang dilakukan pada sore hingga malam hari.

“Kami sangat mendukung acara ini karena sangat bagus untuk mengangkat budaya yang ada di Batujaya terlebih di Desa Segaran, terlebih kami berharap ada pasar budaya namun karena ada satu lain hal yang tidak bisa diadakan nya pasar budaya maka kita alihkan ke pengenalan permainan tradisional dan pementasan drama,”kata Sekretaris Desa, Wiwi dalam sambutannya.

“Acara ini bagus terutama dalam dunia pendidikan untuk mengenalkan warisan budaya di masa lampau kepada masyarakat atau para pelajar, agar mereka tahu bahwa ada situs candi ini, begitupun dengan permainan tradisional yang ditampilkan dalam acara ini sangat bagus agar anak-anak tidak melupakan apa yang menjadi salah satu identitas budaya kita,”sambung pengawas dari museum candi jiwa dan candi blandongan, Lili.

Pada kegiatan bagian permainan tradisional yakni seperti bandil, congklak, panggal, clem, dan masih banyak yang lain nya. Lalu tour candi pun diawali dengan pengenalan benda benda bersejarah di museum lalu berpindah ke candi Jiwa dan terakhir ke candi Blandongan, yang diakhiri acara puncak berada di malam hari yaitu pementasan drama yang dilakukan oleh pelajar SMA Mathlaul Anwar Segaran yang berada di Batujaya.

“Saya selaku panitia di acara ini sangat bangga dan berterima kasih kepada rekan rekan yang terlibat dalam acara ini karena melihat audience yang sangat antusias untuk datang ke acara ini terutama anak-anak yang sangat gembira melihat permainan tradisional,” Ujar Vedha selaku Mahasiswa KKN

Pada rangkaian kegiatan tersebut masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan tersebut, dilihat dari banyaknya yang hadir dari warga sekitar, dikarenakan belum pernah ada kegiatan serupa di lokasi tersebut. (mif/arnes)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin