Berita Bekasi Nomor Satu

Mahasiswa Unisma Bekasi Branding UMKM Lewat Pembuatan Logo

Radarbekasi.id, BEKASI SELATAN – Logo atau brand akan sangat penting bagi usaha apapun, khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini disebabkan karena dari logo dan brand UMKM akan lebih dikenal oleh masyarakat. Namun, maksud dari logo itu sendiri adalah bagian dari brand dimana logo harus bisa mencerminkan brand tersebut dalam bentuk visual atau gambar. Sedangkan brand merupakan semua hal yang mencakup usaha tersebut terkait visi dan misi, produk dan layanan.

Logo itu bukan hanya sekedar gambar logo atau nama usaha, namun merupakan gambaran atau persepsi dan asosiasi orang saat mendengar nama perusahaan maupun produk. Maka dari itu perlu dipertimbangkan, dilakukan, dibicarakan serta ditampilkan ke depan publik.

Berdasarkan masalah tersebut, mahasiswa KKN Universitas Islam 45 Bekasi, Wisnu Firdaus Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa, menyelenggarakan program pelatihan membuat logo branding pada UMKM Terasi Jembret Putra Jaya Mandiri yang sudah berdiri selama empat tahun, namun UMKM ini belum mempunyai adanya logo branding pada suatu produk usahanya.

Penyelenggaraan pelatihan ini tertuju pada UMKM Terasi Jembret milik Pak Ribut yang ada di Dusun Karang Mulya, Desa Segarjaya, Kabupaten Karawang. Kegiatan pelatihan membuat logo branding dilaksanakan pada tanggal (7/9/22) sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, dan pelatihan tersebut dilakukan secara bertahap.

Pada tahap pertama dilakukannya observasi dan sosialisasi mengenai bagaimana pentingnya logo branding pada UMKM untuk dikenali oleh para konsumen dan mempunyai ciri khas produk usahanya. Pada tahap selanjutnya membuat desain logo branding dengan menggunakan aplikasi Canva dan menjelaskan filosofi logo branding pada UMKM Terasi Jembret.

Program yang telah dilaksanakan ini mendapat tanggapan yang positif oleh Pak Ribut selaku pemilik UMKM Terasi Jembret. Karena Pak Ribut menjadi paham tentang branding dan usahanya yang telah memiliki logo. “Makasih untuk adik-adik mahasiswa kkn unisma bekasi sudah bisa mengembangkan produk terasi saya dengan membuat logo. Karena menurut saya juga kalo ada logo, pelanggan jadi tau kalo produk terasi ini punya saya,”ujar pemilik UMKM Terasi Jembret,  Ribut.

Logo branding sangat penting pada UMKM karena identitas atau pun penanda dari UMKM agar bisa dibedakan dan mudah dikenali oleh para konsumen.”Harapan kedepannya semoga pendapatan dari usaha milik Pak Ribut dapat meningkat di pasar maupun di e-commerce.”kata mahasiswa KKN Universitas Islam 45 Bekasi, Wisnu Firdaus. (mif/wisnu)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin