Berita Bekasi Nomor Satu

Mahasiswa KKN Unisma Dorong E-Commerce UMKM Terasi Jembret

RADARBEKASI.ID, BEKASI – E-commerce merupakan suatu platform yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Penggunaan e-commerce merupakan cara yang memudahkan dalam kegiatan memasarkan suatu produk. Tentu hal ini akan menjadi peluang yang sangat baik untuk menjual produk kepada semua kalangan di seluruh Indonesia karena memang produk yang dipasarkan melalui e-commerce dapat diakses oleh semua pengguna aplikasi e-commerce tersebut. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Dalam hali ini bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Berdasarkan hal tersebut, Nabillah Putri Cahyani Mahasiswi KKN Universitas Islam “45” Bekasi berupaya untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada UMKM Terasi Jembret mengenai penggunaan aplikasi e-commerce untuk menjual produk mereka secara lebih efesien dan lebih dapat terpukau oleh seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. Pelatihan dilakukan langsung kepada UMKM dengan mengunjungi UMKM Terasi Jembret yang ada di Dusun Karangmulya, Desa Segarjaya, Kabupaten Karawang pada tanggal 5 – 7 September 2022.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, adanya melakukan survey ke UMKM Terasi Jembret untuk melihat bagaimana potensi dan berkembangnya pada usaha tersebut. Pada tahap berikutnya melakukan sosialisasi kepada Pak Ribut selaku pemilik UMKM Terasi Jembret Putra Jaya Mandiri. Tahap ini bertujuan memberikan bagaimana pentignya suatu produk UMKM berkembang dalam media online atau e-commerce dan juga bisa lebih meningkatkan persaingan para pelaku UMKM.

Pada pelatihan membuat e-commerce, Nabillah memilih aplikasi Shopee sebagai e-commerce yang digunakan dalam UMKM Terasi Jembret. Karena Shopee merupakan e-commerce yang memiliki jumlah pengguna terbanyak pada saat ini, sehingga peluang berjualan online di shopee lebih besar. UMKM Terasi Jembret milik Pak Ribut, dalam hal ini juga diberi arahan dan kesempatan untuk mengupload sendiri produk yang dijual di Shopee dengan tetap didampingi oleh Nabillah.

Penggunaan marketplace shopee oleh pelaku UMKM Terasi Jembret di Dusun Karangmulya, Kabupaten Karawang diharapkan dapat membantu mitra UMKM untuk bisa menjual produk – produknya dengan pesaing pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pengjual dari cara penjualan secara offline yang sebelumnya dilakukan. Selain itu, melalui program ini, para pelaku UMKM juga diharapkan dapat meningkatkan omset penjulan, serta lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan.

Pada pelatihan membuat e-commerce, pemilik UMKM Terasi Jembret Putra Jaya Mandiri, Ribut mengakui bahwa program yang dijalankan ini sangat membantu usahanya dalam menjual produknya melalui online atau aplikasi e-commerce.

“Biasanya saya kalo jual terasi cuma ke pasar, toko-toko, dan tetangga sekitar aja atau tetangga pada dateng kerumah. Alhamdulillah saya berharap ya dengan dibuatnya aplikasi shopee jadi meningkat pembelinya, bukan dari orang yang langganan di pasar aja,”tandasnya. (mif/nabila)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin