Berita Bekasi Nomor Satu

Ubhara Jaya Helat Dies Natalis dan Wisuda Tiga Hari Berturut-turut

PINDAHKAN TALI: Rektor Ubhara Jaya Bambang Karsono memindahkan tali topi toga wisudawan saat acara Dies Natalis ke-27 dan Wisuda Program Sarjana serta Magister tahun akademik 2021/2022 di Auditorium Ubhara Jaya, Kamis (29/9). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASIUniversitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menghelat acara Dies Natalis ke-27 dan Wisuda Program Sarjana serta Magister tahun akademik 2021/2022. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Ubhara Jaya ini dihelat tiga hari berturut-turut mulai 29 September – 1 Oktober 2022.

Pada tahun ini, Ubhara Jaya mewisuda 1.080 mahasiswa yang terdiri dari 1.056 lulusan sarjana dan 24 lulusan magister. Pelaksanaan wisuda dilakukan secara hybrid perpaduan offline dan online dengan mengakomodir kehadiran wisudawan dan tamu undangan lebih banyak di lingkungan kampus. Guna menghindari penumpukan, prosesi dilakukan secara bergantian setiap fakultas.

Rektor Ubhara Jaya Bambang Karsono mengatakan, Ubhara Jaya berkomitmen menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berbasis pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter.

“Tidak hanya sekedar mengasah kecerdasan saja, melainkan melaksanakan pendidikan berbudaya, bermartabat, tangguh, dan berkarakter, sehingga sumber daya manusia yang dihasilkan menjadi manusia yang dapat bekerjasama, bertoleransi menjadi individu yang berperilaku baik dalam membangun peradaban,” ujar Bambang dalam kesempatan tersebut.

Selain itu menurut Rektor Ubhara Jaya, seluruh proses akademik yang dilakukan ditujukan untuk mewujudkan visi sebagai universitas unggul di tingkat nasional dan internasional.

“Komitmen kami adalah menjadi kampus unggulan berwawasan kebangsaan dan berbasis studi keamanan (security) yang mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berperilaku baik,” katanya.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta Paristiyanti Nurwardani berharap, Ubhara Jaya terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan serta pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki saat ini.

“Ubhara Jaya dalam catatan kami telah memiliki profesor sebanyak 10 orang, lektor kepala 14 orang, lektor 160 orang, asisten ahli 119 orang, serta tenaga pengajar sebanyak 32 orang. Saya berharap ini dapat lebih ditingkatkan, terutama dalam mempersiapkan profesor baru yang nantinya akan berkontribusi besar dalam peningkatan mutu perguruan tinggi,” tuturnya.

Paristiyanti mengapresiasi berbagai pencapaian yang telah dicapai Ubhara Jaya di jajaran perguruan tinggi swasta lainnya di Jakarta. Diantaranya menjadi perguruan tinggi dengan pelaporan PDDIKTI 100 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, 10 semester, dari 2016 semester ganjil hingga 2020 semester genap, serta menjadi perguruan tinggi dengan laporan dokumen kerja sama dengan status aktif terbanyak dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Saya mendorong seluruh sivitas akademika Ubhara Jaya untuk terus menghasilkan berbagai karya dan kiprah bermakna. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Dewan Pembina Yayasan Brata Bhakti sebagai yayasan yang menaungi Ubhara Jaya, Chairuddin Ismail mengatakan, Dies Natalis merupakan sebuah peringatan hari lahir yang menandai awal perjalanan pendidikan dari suatu lembaga pendidikan.

“Dies Natalis juga mengandung maksud untuk mewujudkan hubungan yang serasi antara unsur-unsur dalam kepengurusan yayasan dan perguruan tinggi termasuk organisasi mahasiswa sekaligus diharapkan makin berkembangnya kegiatan mahasiswa sebagai penyeimbang kegiatan,” tuturnya.

Ia berbangga dengan perkembangan Ubhara Jaya yang saat ini telah memiliki 17 program studi yang terdiri dari 12 program studi S1, 4 program studi S2, dan 1 program studi S3.

“Hal ini menunjukkan bahwa kampus ini terus mengembangkan diri sesuai tuntutan dan harapan masyarakat pada umumnya serta stakeholder pada khususnya,” tukasnya. (dew/pms)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin