Berita Bekasi Nomor Satu

Pandemi Mereda, Mahasiswa Kembali ke Kampus

ILUSTRASI: Sejumlah mahasiswa Universitas Bina Insani berdiskusi di luar jam mata kuliah. Sejumlah mahasiswa kembali ke kampus untuk mengikuti perkuliahaan seperti biasa setelah sempat mengambil cuti akademik saat pandemi Covid-19. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah mahasiswa kembali ke kampus untuk mengikuti perkuliahaan seperti biasa setelah sempat mengambil cuti akademik saat pandemi Covid-19. Cuti dipilih mahasiswa karena kondisi keuangan terdampak pandemi Covid-19.

Ersa Ayu Eka Fadhilah salah satunya. Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kalimalang ini mengungkapkan, saat pandemi dirinya memilih mengambil cuti akademik selama 12 bulan.

“Aku sempat ngambil cuti di 2020 selama satu tahun, karena memang keuangan sempat menipis waktu itu,” ungkap mahasiswa semester lima ini, Selasa (4/10).

Pada semester ini seiring meredanya pandemi Covid-19, Ersa-sapaan akrabnya- sudah kembali aktif kuliah. Dalam permohonan aktif kuliah kembali, ia hanya cukup mengisi google form yang disediakan pihak kampusnya dan membayar biaya semester yang akan dilanjutkan.

Ia berharap, pandemi Covid-19 tidak kembali merebak. Dengan demikian, perekonomian dapat pulih dan penghasilannya sebagai pegawai swasta tidak dipotong.

“Ya semoga saja pandemi ini tidak lagi datang, agar pendapatan saya juga tidak lagi berkurang. Jadi bisa menyelesaikan perkuliahan dengan cepat,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Bina Insani Muhammad Shalahuddin mengataan, selama masa pandemi Covid-19 beberapa mahasiswanya memutuskan untuk mengambil cuti akademik.

“Memang jumlahnya tidak banyak,” ujarnya.

Sedikitnya yang cuti akademik karena beberapa mahasiswamahasiswa mendapatkan bantuan Uang Kuliah Tinggal (UKT) baik dari pihak kampus, Pemerintah Kota Bekasi, maupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Jika tidak mendapatkan bantuan seperti, saya kira jumlah mahasiswa yang mengajukan cuti akan banyak. Namun beberapa bantuan tersebut dapat meringankan biaya kuliah mahasiswa, sehingga tidak perlu lagi mengajukan cuti,” tuturnya.

Sedikitnya 20 mahasiswa Universitas Bina Insani mengambil cuti akademik saat pandemi Covid-19. Kini memasuki tahun ajaran baru, sebagian besar mahasiswa sudah aktif kuliah kembali.

Menurutnya, mahasiswa yang mengajukan aktif kuliah kembali harus menulis secara tertulis yang ditujukan kepada rektor. Selanjutnya, pengajuan tersebut akan diteruskan ke bagian keuangan.

“Prosesnya adalah sedemikian, ada proses bagi mahasiswa yang mengambil cuti untuk kembali aktif di masa perkuliahan,” katanya.

Dalam proses administrasi keuangan, mahasiswa wajib untuk membayarkan uang semester yang akan diikuti. “Administrasi kewajiban keuangan untuk semester yang akan diikuti, tapi proses pembayarannya dapat dicicil oleh mahasiswa tersebut,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin