5 Cara Aman Mobil Terobos Genangan Air Saat Banjir

Mobil terobos genangan air saat banjir bila tak tahu caranya berakibat fatal. (Foto: Jawa Pos Group)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musim hujan tiba. Genangan air dan banjir muncul di mana-mana secara tiba-tiba. Mau tidak mau, menerobos banjir dan genangan air terpaksa dilakukan.

Mobil pun harus aman saat menerobos genangan air dan banjir. Bila tidak tahu cara aman menerobos banjir dan genangan air, akibatnya fatal.


Berikut 5 cara aman mobil menerobos genangan air saat banjir:

1. Perkirakan Ketinggian Air


Hal pertama saat akan menerobos genangan air saat banjir adalah perkirakan ketinggian air di depan Anda.

2. Pastikan Saringan Filter Udara Aman

Dengan mengukur ketinggian air tersebut, Anda dapat membandingkan letak pada saringan udara filter mobil Anda.

Rata-rata tinggi saringan udara pada kendaraan pada umumnya adalah +/-70 cm untuk mobil sedan +/-85 cm untuk kendaraan non-sedan, bisa MPV, atau SUV yang lebih tinggi di atasnya.

Jika Anda ragu dan tidak tahu ketinggian filter udara Anda, lebih baik mengacu pada batas ketinggian ban mobil kita saja.

3. Setengah Diameter Ban

Disarankan setengah diameter ban mobil Anda. Bila memang ketinggian air cukup tinggi lebih baik mencari rute jalan alternatif yang minim ketinggian airnya.

4. Waspada Lubang dan Saluran Air

Untuk menghindari terperosok lubang atau saluran air di depan, sebaiknya posisikan mobil Anda supaya tidak terlalu ke tepi jalan, sebab dikhawatirkan roda bisa masuk selokan, lubang, atau got.

5. Perhatikan Kecepatan Aliran Air

Jika Anda menemukan suatu kondisi jalan banjir yang terdapat aliran air yang deras usahakan Anda menghindar, karena mobil bisa terbawa arus tersebut.

Demikian 5 tips aman mobil menerobos genangan air saat banjir. (rbs)