Berita Bekasi Nomor Satu

5 Cara Tradisional Mengobati Batuk Berdahak

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Salah seorang perawat, Vanny Bhekti menuturkan jika perubahan cuaca yang sangat cepat di musim pancaroba pada masa sekarang ini identik dengan munculnya berbagai penyakit. Salah satunya adalah batuk berdahak.

“Perubahan cuaca dan suhu yang cepat dapat berdampak pada daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan tubuh harus bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan kondisi udara dan cuaca,” ujarnya.

Penyebab dari batuk berdahak adalah infeksi virus atau bakteri. Saat saluran pernapasan terinfeksi, misalnya saat flu, tubuh akan memproduksi lebih banyak dahak.

Dahak yang berlebih ini biasanya akan muncul bersama ketika batuk, atau juga sering disebut batuk berdahak. Batuk berdahak ini akan terasa mengganggu sehingga perlu cara untuk mengobatinya.

Berikut lima cara tradisional mengobati batuk berdahak yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menggunakan Humidifier

Cara yang pertama untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan melembabkan udara. Dapat dilakukan menggunakan Humidifier yang mana bisa membantu meredakan batuk, melembabkan saluran nafas, serta dapat membantu mengencerkan dahak.

2. Menjaga Hidrasi Tubuh

Cara mengobati batuk berdahak yang kedua yaitu dengan menjaga hidrasi tubuh. Minum cukup cairan, terutama yang hangat dapat membantu aliran lendir.

Air dapat meringankan penyumbatan dengan membantu lendir bergerak. Terdapat pula saran yang diberikan oleh US Food and Drug Administration (FDA) dikutip Medical News Today.

Menurut FDA, makanan atau minuman seperti air hangat, teh hangat, sup yang disajikan hangat memang bisa menenangkan batuk yang sedang dialami.

3. Madu

Cara mengobati batuk berdahak selanjutnya dapat dilakukan dengan minum madu. Mengonsumsi madu adalah salah satu cara untuk menghilangkan batuk berdahak yang efektif.

4. Teh Jahe

Jahe adalah rempah yang dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Jadi, dengan beberapa cangkir teh jahe per hari dapat membantu Anda meredakan peradangan di tenggorokan sekaligus membuat tubuh tetap terhidrasi.

5. Hirup Uap Air Panas

Cara mengobati batuk berdahak ini dilakukan dengan memposisikan wajah di atas mangkuk sambil menutupi kepala dengan handuk.

Lalu, hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap tersebut terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

Itulah 5 cara tradisional mengobati batuk berdahak. (mg4)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin