3 Rekomendasi Wisata Edukasi ke Museum Sejarah Terbaik di Indonesia

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ilmu pengetahuan tidak hanya didapat dari guru atau dosen melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah ataupun universitas. Ilmu pengetahuan juga bisa didapat dari luar seperti berinteraksi dengan orang lain yang lebih kompeten secara akademis maupun lewat mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi.

Tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi salah satu contohnya adalah museum sejarah. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah juga dapat membuat kita melihat hal baru dan mempelajari ilmu baru. Banyak sekali museum di Indonesia yang menyimpan koleksi-koleksi bagus untuk dijadikan bahan belajar.


Kali ini kita akan membahas 3 rekomendasi wisata edukasi ke museum sejarah terbaik yang ada di Indonesia, berikut ulasannya!

1. Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah)


Museum yang berlokasi di Jl. Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Jakarta Barat ini adalah salah satu museum yang diminati oleh banyak wisatawan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Berada di tengah-tengah kawasan kota tua menjadikan museum ini selalu ramai pengunjung karna aksesnya yang mudah dijangkau.

Museum yang dulunya merupakan balai kota di era pemerintahan VOC di Batavia ini setidaknya memiliki 23.500 koleksi yang terdiri dari benda asli maupun replika. Koleksi di museum ini berupa peninggalan-peninggalan masyarakat Belanda yang dulu tinggal di Batavia. Koleksi yang ditampilkan antara lain berupa senjata, peta serta buku-buku peninggalan jaman Belanda.

Seiring berjalannya waktu koleksi dimuseum ditambahkan, seperti peninggalan masa kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran, batu prasasti dan lain-lain.

Museum ini juga memiliki fasilitas seperti perpustakaan, taman, bahkan ruang sinema dan ruang pameran.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak kalian sudah dapat masuk dan melihat berbagai macam koleksi di Museum Sejarah Jakarta ini.

Untuk kalian yang mau berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta dapat menyiapkan jadwal dihari selasa sampai minggu dari jam 09.00 sampai jam 15.00.

Jangan berkunjung di hari libur nasional dan hari Senin, karena museum ini pasti tutup di hari itu.

2. Museum Nasional Indonesia

Museum yang biasa disebut Museum Gajah ini bertempat di Jl. Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini biasa disebut dengan museum gajah karna terdapat patung gajah di depan museum tersebut.

Patung gajah yang terbuat dari perunggu tersebut adala hadiah dari Raja Chulalongkorn pada tahun 1871. Museum ini dinyatakan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara.

Setidaknya 140.000 koleksi benda-benda kuno yang terdiri dari arca, prasasti dan lain-lain ada didalam museum ini.

Maka dari itu Museum Nasional juga dinyatakan sebagai salah satu museum terlengkap di Indonesia.

Mematok tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan dewasa, Rp 7.500 untuk wisatawan anak-anak, Rp. 25.000 untuk turis.

Dengan harga yang relatif terjangkau itu anda dapat melihat koleksi-koleksi peninggalan jaman sejarah dan menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu biologi, arkeologi, fisika, kesusastraan, sejarah, dan etnologi.

Museum Nasional beroperasi setiap hari dari jam 08.00 sampai jam 16.00.

3. Museum Kebangkitan Nasional

Museum yang bertempat di Jl. Abdulrahman Saleh No. 26 Jakarta Pusat ini dibangun pada tahun 1899 sampai 1901.

Di dalam museum ini terdapat beberapa museum antara lain Museum Pers, Museum Wanita, Museum Boedi Oetomo dan lain-lain.

Museum ini menyajikan koleksi dari jaman penjajahan Belanda antara lain seperti lukisan, patung, miniatur dan masih banyak lagi.

Koleksi yang sangat menarik yaitu terdapat miniatur kapal tradisional bugis dan replika lukisan tua yang menggambarkan tentara Pangeran Diponegoro yang tengah melakukan latihan perang.

Untuk mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional anda hanya cukup menyisihkan Rp 2.000 untuk wisatawan dewasa dan Rp 1.000 untuk wisatawan anak-anak.

Untuk turis dikenai biaya khusus sebesar Rp 10.000. Jam operasional Museum Kebangkitan Nasional juga sama seperti kebanyakan museum yaitu dari hari Selasa-Minggu jam 08.00-16.00, dan tutup di hari Senin dan libur nasional. (mg5)