Kereta Cepat Jakarta – Bandung Bukan Bantuan Tiongkok, Jokowi: Ada Investasi Tiongkok

Presiden Jokowi saat meninjau kereta cepat Jakarta - Bandung.

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bukan bantuan dari pemerintah Tiongkok. Melainkan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan negara Tirai  Bambu yang di dalamnya ada investasi.


“Ini bukan bantuan. Ini adalah kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok. Ada investasi di sini. Jadi, bukan bantuan,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (16/10).

Sementara itu, soal rencana peninjauan kereta cepat oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping, Jokowi mengatakan, sejauh ini rencana itu masih dibicarakan. “Dengan Presiden Xi Jinping masih dibicarakan. Belum final,” ujar Jokowi.


Saat meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Kabupaten Bandung, pada Kamis (13/10). Jokowi juga membeberkan bahwa kereta cepat ini merupakan yang pertama di kawasan ASEAN.

Menurutnya, ASEAN telah memiliki gagasan besar terkait konektivitas antarnegara di kawasan ini. Dengan begitu, kereta cepat juga akan mendukung pertumbuhan daya saing ASEAN. (jpc)