Berita Bekasi Nomor Satu

Xi Jinping Rombak Separo Lebih Komite Tetap Politbiro CPC

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok memperkenalkan enam anggota Komite Tetap Biro Politik CPC. (M. Irfan Ilmie/Antara)

 

RADARBEKASI.ID, TIONGKOK – Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) Xi Jinping merombak lebih dari separo anggota Komite Tetap Biro Politik. Mereka akan mendampingi Xi Jinping dalam memimpin partai penguasa itu untuk periode lima tahun ketiga kepemimpinannya.

Xi memilih enam anggota badan tertinggi CPC sehari setelah terpilih secara aklamasi sebagai Sekjen CPC 2022-2027 di Balai Agung Rakyat, Beijing, Sabtu (22/10).

”Kemarin CPC telah berhasil merampungkan Kongres Nasional ke-20. Hari ini Komite Sentral ke-20 CPC telah melakukan rapat pleno pertama dan memilih kepemimpinan baru,” kata Xi sebelum mengumumkan nama-nama anggota Komite Tetap Politbiro ke-20 CPC, Minggu (23/10) siang seperti dilansir dari Antara.

”Saya kembali terpilih sebagai Sekjen CPC. Mari kita sambut enam rekan saya yang juga terpilih sebagai anggota Komite Tetap Politbiro,” ucap Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Dia kemudian memperkenalkan mereka satu per satu. Mulai dari Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang, hingga Li Xi.

”Kamerad Zhao Leji dan Kamerad Wang Huning tercatat sebagai anggota Komite Tetap Politbiro Komite Sentral ke-19 CPC,” sebut Xi.

Sementara empat anggota Politbiro ke-20 yang lain sebelumnya hanya menjadi anggota Komite Sentral ke-19 CPC. ”Mereka cukup familiar dengan Anda,” kata Xi kepada media setelah memperkenalkan anggota Komite Tetap Politbiro yang tampil bersamanya di atas panggung.

Dalam struktur politik Pemerintah Tiongkok, Sekjen CPC menduduki posisi sebagai Presiden Tiongkok. Peringkat kedua struktur elite partai, yang dalam hal ini ditempati Li Qiang, bakal menduduki jabatan Perdana Menteri.

Peringkat selanjutnya, Zhao Leji sebagai Ketua Kongres Nasional Tiongkok (NPC), Wang Huning sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC), Chai Qi sebagai Wakil Presiden Tiongkok, Ding Xuexiang sebagai Sekretaris Partai, dan Li Xi sebagai Komisi Pusat Disiplin.

”Atas nama kepemimpinan baru CPC, saya menyampaikan terima kasih kepada semua anggota partai yang telah memberikan kepercayaan kepada kami,” kata Xi, politikus berusia 69 tahun yang berasal dari Provinsi Shaanxi itu.

Dalam Kongres Nasional ke-20 yang digelar pada 16-22 Oktober, juga telah terpilih 205 anggota Komite Sentral CPC dan jajaran anggota Komisi Pusat CPC untuk Pengawasan Disiplin ke-20 atau periode 2022-2027. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin