PSN Dituding Sebabkan Banjir

ILUSTRASI: Foto udara proses pengerjaan Tol Becakayu bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di kawasan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (14/6) lalu. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI –¬†Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat dituding menjadi penyebab terendamnya sejumlah ruas jalan di Kota Bekasi.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, bahwa PSN yang kini tengah dikerjakan membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai area resapan tergerus. Sejumlah RTH diakuinya terdampak proyek nasional.


“Ya mungkin karena pengaruh juga Proyek Strategis Nasional (PSN) yang hari ini juga menyita ruang terbuka hijau kita. Sehingga jumlah aliran air juga masuk ke saluran saluran pendukung yang ada di kita. Sementara saluran pendukung kita sampai hari ini Pemda belum memiliki kemampuan untuk melakukan revitalisasi, jadi itu persoalannya,” ujarnya kepada Radar Bekasi Selasa, (25/10).

Pihaknya juga menjelaskan bahwa proses pembangunan yang sedemikian cepat mendorong kebutuhan lahan yang semakin meningkat, sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor terjadinya banjir di kala musim penghujan datang.


“Dari adanya hal itu, kita tengah meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) supaya mereka kembali meningkatkan saluran-saluran air yang lebih besar lagi, Terutama di setiap jalan yang kita miliki guna meningkatkan daerah resapan air yang nantinya dioptimalisasikan pembuangannya ke arah Kali Bekasi,” tuturnya.

Selain itu Pemkot Bekasi juga berencana akan menambahkan pompa-pompa air, mengantisipasi banjir akibat intensitas hujan utamanya di sejumlah ruas jalan Kota Bekasi.

“Kita berencana untuk menambah pompa-pompa air, karena memang Bekasi ini berada di daerah dataran rendah salah satu caranya membuat upaya atau cara agar air tidak menggenang,” jelasnya.

Lebih lanjut ungkap Plt Wali Kota yang juga mantan Kepala Dinas PUPR ini menambahkan, selain jumlah pompa air pihaknya juga melakukan penambahan jumlah personel untuk membersihkan saluran air.

“Penambahan jumlah personel juga kami lakukan, untuk yang membersihkan saluran dan saya juga sudah perintahkan BMSDA agar menambah jumlah orang dan juga volume serta ritnya. Begitu juga percepatan penambahan truk-truk sampah yang nantinya dikolaborasikan bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk proses pengangkutan sampahnya,” terangnya.

Sebagai informasi, wilayah kota Bekasi menjadi salah satu wilayah yang didukung oleh Proyek Strategis Nasional (PSN). Beberapa proyek tersebut diantaranya pembangunan Tol Becakayu, pembangunan stasiun LRT, dan juga pembangunan kereta cepat Jakarta- Bandung. (dew)