Berita Bekasi Nomor Satu

Siswa SDN Jatiasih XI Ikuti Edukasi Literasi Keuangan  

AJARKAN SISWA: Direktur Risiko PermataBank Setiatno Budiman mengajarkan siswa membuat celengan dari kertas saat kegiatan edukasi literasi keuangan di SDN Jatiasih XI Kota Bekasi, Jumat (28/10). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Puluhan siswa SDN Jatiasih XI Kota Bekasi mengikuti kegiatan edukasi literasi keuangan, Jumat (28/10). Mereka bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan itu diselenggarakan oleh PermataBank melalui program CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA). Program tanggung jawab sosial perusahaan ini melibatkan direksi dan karyawan PermataBank sebagai  Employee  Volunteers (EVO).

Dengan pendekatan yang edukatif sekaligus menyenangkan, siswa mengikuti kegiatan edukasi keuangan secara tatap muka bersama para EVO dengan menggunakan materi MODul finansiAL (MODAL). MODAL merupakan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang berisikan pengetahuan dasar keuangan dan perbankan berdasarkan tingkatan pendidikan dan usia para siswa.

Program CERITA berkolaborasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Pemerintah Daerah setempat. Program ini diselenggarakan dalam rangka merayakan 20 tahun eksistensi PermataBank sekaligus mendukung program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) bertajuk “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat”, yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Diselenggarakan secara berkelanjutan sejak 2016, program ini bertujuan untuk memberikan edukasi literasi keuangan kepada siswa,” ujar Direktur Risiko PermataBank Setiatno Budiman dalam kesempatan tersebut.

Program CERITA adalah bentuk dukungan PermataBank terhadap program OJK dan pemerintah untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Setiatno mengungkapkan, pentingnya edukasi literasi keuangan sejak dini.

“Kita mendukung OJK untuk membuat masyarakat ini lebih melek dengan keuangan. Karena kita percaya kalau orang melek keuangan, mereka akan lebih sejahtera nantinya. Karena mereka tahu gimana menjaga pengeluaran, melakukan rencana untuk masa depan,” tuturnya.

Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli menambahkan, CERITA diselenggarakan serentak di 50 kota di seluruh Indonesia dan melibatkan seluruh direksi dan sekitar 1.000 karyawan PermataBank sebagai EVO di masing-masing kota untuk mengambil peran sebagai penggerak utama kegiatan.

“Ini adalah momentum penting bagi kami untuk memperluas jangkauan literasi keuangan khususnya bagi generasi muda Indonesia,” ujar Meliza.

Di samping pengajaran literasi keuangan, ujar Meliza, PermataBank juga memberikan bantuan prasarana sekolah, seperti perbaikan kelas, sarana olahraga, perpustakaan, ataupun fasilitas lain di area sekolah, termasuk alat bantu ajar.

Kepala SDN Jatiasih XI Ernawati mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didiknya. “Edukasi ini sangat bermanfaat bagi siswa. Karena menabung ini sangat penting untuk masa depan anak-anak kami,” ungkapnya. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin