Berita Bekasi Nomor Satu

Kerajaan Pertama Bekasi Bukan Tarumanegara

Radarbekasi.id – Hai-hai apa kabar para Raders, Semoga sehat selalu ya. Para Raders kalau kita bicara soal Kota Bekasi apa nih yang terbesit pertama kali oleh para Raders? Pasti kota Bekasi sebagai Kota Patriotkan?

Para Raders Kota Bekasi adalah salah satu Kota yang mempunyai sejarah yang Panjang nih para Raders. Mulai dari sejarah zaman Kerajaannya hingga kisah sejarah terbentuknya Kota Bekasi ini ya Para Raders. Tak sedikit tanda-tanda perjuangan dari para Pahlawan dan Masyarakat Bekasi. Bisa kita lihat dari banyaknya Monumen-monumen yang berdiri kokoh untuk memperingati peninggalan kepahlawanan Kota Bekasi.

Nah untuk kali ini kita akan mebahas mengenai sejarah Bekasi jauh sebelum nama Bekasi ini ada para Raders. Yap zaman Kerajaan dari Bekasi, Apa itu kerajaan? Kerajaan adalah sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh Kesultanan yang biasanya disebut Raja atau Ratu, dan biasanya untuk menyebut suatu Wilayah seperti penyebutan untuk sebuah Negara ataupun Provinsi.

Langsung keintinya yuk, Kerajaan asli Dari Bekasi ternyata sudah ada jauh sebelum munculnya kerajaan Tarumanegara yang diyakini sebagai kerajaan Pertama di Bekasi nih Para Raders.

Kalau kita membahas kerajaan Bekasi pasti tak lepas dari kejayaan nya Kerajaan Tarumanegara ya Para Raders. Diketahui bahwa Kerjaan Tarumanegara berdiri sejak abad ke-5 Masehi. Dan dari Beberapa Literatur di Tuturkan bahwa Bekasi adalah Ibu kotanya nih Para Raders. Dikutip dari Wikipedia Ridwan Saidi, salah satu Budayawan Betawi, Menurutnya sebelum Masehi di tatar Pasundan ada 46 Kerajaan kuni, salah satunya adalah Kerajaan Segara Pasir. Pusat pemerintahan dari Kerajaan Segara Pasir berada di Pesisir Pantai Utara Bekasi.

Budaya Kerajaan Segara Pasir dipengaruhi oleh kebudayaan dari Egypt kuno yaitu Mesir para Raders. Hal terebut dapat kita lihat pada manik-manik yang dapat kita temukan pada sekitar Situs Buni nih para Raders. Menurut Wikipedia Kerajaan Segara Pasir Keberadaannya telah bergeser disebabkan terdesaknya Kerajaan Pasir akibat Hegemoni yang dilakukan oleh Kerajaan Tarumanegara.

Menurut Wikiwand Situs Buni menyimpan kekayaan arkeologis yang diperkirakan berasal dari zaman Neopolitikum, Paliometalik, Hingga Kerajaan Tarumanegara yang memebentang antara 2000 SM – 800 SM. Benda – benda Arkeologis ini kemudian disimpan di Museum Nasional, Jurusan Arkeologis Universitas Indonesia dan sebagai Pusat Arkeologi Nasional. Jika kita tilik kembali berdasarkan rentang waktu diatas maka lokasi Situs Buni benar bahwasanya sebagai Lokasi Kerjaaan Segara Pasir. Nah inilah menjadi dasar bahwa Kerajaan Segara Pasir ada sebelum Kerajaan Tarumanegara berdiri yaitu di abad ke-5 Masehi para Raders.

Setelah Kerajaan Segara Pasir kalah perang dengan Kerajaan Tarumanegara, Segara Pasir harus merelakan Wilayah mereka dijadikan tempat untuk pangkalan Militer dari Kerajaan Tarumangera. Setelah itu pangkalan Militer tersebut dijadikan tempat untuk penarikan pajak atau upeti dari setiap transaksi perdagangan serta kekayaan alam dari kemenangan kerajaan Tarumanegara.

Beberapa Artefak peninggalan Kerajaan Segara Pasir berupa sebuah Gerabah yang ditemukan di Hunian Buni. Selain itu ada peninggalan berupa teknologi juga para Raders. Setelah dilakukan penilitian yang bersangkutan dengan Kerajaan Segara Pasir ini, yang konon merupakan sebagai Kerajaan asli dari Bekasi, Mulai Muncul desakan dari berbagai elemen nih para Rader, Desakan yang diminta berupa perbaikan atau perubahan sejarah yang berkaitan dengan Hal Ini para Raders. Nah para Raders sampai sini dulu ya pembahasan kita kali ini sampai ketemu lagi Para Raders. (Anggrastr)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin