Berbisnis di Bangku Kuliah

Muhamad Dzaki

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Berbisnis di bangku kuliah dilakoni oleh Muhamad Dzaki Rusmana. Bersama temannya, mahasiswa Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi ini membuat vendor foto dan video pernikahan yang dinamai Elegancy Photoworks.

Usaha itu diawali saat Dzaki-sapaan akrabnya- pada semester lima magang di Bekasi Keren sebagai desain grafis dan sempat mendapatkan kandidat rising star di sana. Dzaki juga sempat magang di MNC Portal selama tiga bulan dengan posisi desain grafis.


“Iya jadi pas semester lima kan udah banyak kosongnya. Jadi nge-apply aja buat magang. Akhirnya pas semester enam kan buat laporan, jadinya ya gak magang lagi, buat laporannya dari pengalaman pas magang di Bekasi Keren aja. Yang di MNC buat seru-seruan aja buat pengalaman,” ucap mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi ini.

BACA JUGA: Tinggalkan Sementara Usaha demi Kuliah


Selain magang, Dzaki juga sering mengikuti banyak lomba tentang desain hingga fotografi. Ia bahkan menggeluti dunia videografi. Mulai sejak 2018 banyaknya lomba yang diikuti juga menuaikan hasil karena dirinya selalu belajar dari kesalahan atau kekurangan di lomba sebelumnya.

Dzaki pernah memenangkan lomba fotografi dan desain poster di acara jurusannya dan mendapatkan juara dua, memenangkan juara favorit di kontes wallpaper dari AMD Ryzen & Radeon, mendapatkan juara satu lomba vlog KKN di UNISMA Bekasi.

BACA JUGA: Jadi Ambassador Kampus

Pengalamannya dalam mengikuti perlombaan tersebut membuatnya memulai bisnis freelance. Di Elegancy Photoworks, Dzaki bertugas sebagai fotografer.

“Awalnya ini bikin sendiri sama teman yang sering nge-freelance juga, karena capek ya dapet kerjaan yang cuma dari mulut ke mulut aja kita mikir kenapa gak bareng aja gitu biar punya naungan sendiri kan bakal lebih enak juga promosi dan kerja tim segala macemnya. Yaudah akhirnya bikin vendor aja deh jadi tertata rapi lah disitu,” ungkapnya.

Memulai freelance sejak 2017 di berbagai tempat membuat Dzaki ingin memiliki naungan agar memiliki timnya sendiri, Dengan itu Dzaki membuat Elegancy Photoworks bersama teman-temannya. Kini Vendor milik Dzaki tersebut memiliki enam orang tim. (mg2)