Berita Bekasi Nomor Satu

Kuliah untuk Tingkatkan Diri

Zean Puty Candra

RADARBEKASI.ID, BEKASIKuliah sambil kerja dilakoni oleh Zean Puty Candra. Bagi mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang ini, kuliah bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Lebih daripada itu, kuliah dijalani untuk meningkatkan diri agar menjadi lebih baik lagi. “Karena dengan kuliah bisa belajar dan menambah wawasan lebih luas lagi,” ungkap perempuan kelahiran Bekasi ini.

Zean-sapaan akrabnya- bercerita, dirinya memasuki bangku perkuliahan pada 2017 dan memilih kelas malam atau kelas reguler karyawan. Meski sudah bekerja, dirinya tetap memilih untuk melanjutkan pendidikan Strata Satu (S1) setelah lulus SMA.

Awalnya setelah lulus SMA, Zean ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri. Namun keinginan tak terwujud lantaran gagal seleksi dan tidak mendapatkan beasiswa.

“Aku 2017 pernah daftar kuliah negeri dan beasiswa, bahkan pernah daftar CPNS tapi belum rezeki padahal sudah sampai tahap akhir dan cuma selisih 3 poin aja jadi saat itu aku gagal,” ujarnya.

“Sampai akhirnya aku waktu itu merantau ke Lampung, di sana ada saudara, niatku ke Lampung hanya untuk liburan aja ngilangin insecure, sedih dan capek tapi waktu itu malah ditawarin kerja. Itu kerja pertamaku sebagai operator produksi sampai akhirnya naik jadi admin,” imbuhnya.

BACA JUGA: Berbisnis di Bangku Kuliah

Zean mengaku pernah merasa minder karena pada saat itu teman-temannya berkuliah sedangkan dirinya tidak. Tapi ia alihkan ketakutan tersebut dengan pikiran-pikiran positif,

“Dari bekerja aku membuka pikiran, mungkin ini (bekerja,Red) itu jalanku, aku juga lama-lama kayak ngerasa bahwa ilmu bisa dicari dimana aja kan. Niatku kan juga cari ilmu, di tempat kerjapun banyak hal yang bisa kuambil,” ucap anak pertama dari tiga bersaudara ini.

Meskipun sudah bekerja tidak menghalangi cita-citanya dengan tetap berkuliah, “Setelah aku kerja pertama selama 1,5 tahun itu aku memutuskan resign dan pulang ke Bekasi. Sampai disini selang dua bulan aku beraniin daftar kuliah swasta yang bisa kelas karyawan. Eh rezeki aku pas daftar kuliah coba ngelamar kerja dan Alhamdulillah aku juga keterima kerja lagi di Ace Hardware,” ungkapnya

Zean menyampaikan bahwa dirinya tidak bisa memaksakan keadaan dengan tetap berkuliah di perguruan tinggi swasta sebab karena kondisi ekonomi orangtuanya. Meskipun orang tuanya mendukung penuh mimpinya, dirinya tetap tak tega akhirnya ia memikirkan bagaimana caranya agar bisa berkuliah tetapi hasil jerih payahnya sendiri.

“Aku gak kebayang kalau misal waktu itu tetap maksain untuk kuliah, jujur aku bukan dari keluarga berada jadi kayaknya kalo waktu itu aku maksain untuk tetap kuliah aku malah nyesel deh. Tapi kerja ga bikin aku lupa kalo aku juga punya mimpi untuk ngelanjutin pendidikan. Aku sadar pendidikan itu penting,” pungkasnya. (mg6)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin