Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada, Ada Potensi Banjir Besar Jabodetabek Besok

Ilustrasi cuaca ekstrem di Jakarta. (Miftahulhayat/Jawa Pos)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA –  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah membahas Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) terkait dengan imbauan cuaca ekstrem yang akan terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) besok Rabu (28/12/2022).

Diketahui potensi cuaca ekstrem tersebut disampaikan Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin.

Ia mengatakan ada potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang esok hari.

“Jadi, kami Pemprov DKI Jakarta kerja sama dengan BNPB, BRIN, TNI AU, kami akan membahas kemungkinan modifikasi cuaca apabila terjadi cuaca ekstrem di Jakarta,” ujar Isnawa kepada wartawan, Selasa (27/12/2022).

Untuk informasi, TMC merupakan sebuah upaya dan usaha manusia dengan menerapkan teknologi yang mempengaruhi sistem awan untuk mengkondisikan cuaca agar berperilaku lebih mengarah sesuai dengan yang dibutuhkan daerah tertentu.

 

Hal senada diungkapkan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Ia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi cuaca ekstrem tersebut, khususnya hujan yang cukup deras, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG dan BRIN.

“Di sana ada potensi hujan deras dan bisa banjir menggenang dan mengganggu mudik tahun baru. Nah itu kita laksanakan TMC, teknologi modifikasi cuaca sudah dilaksanakan terus menerus,” tegasnya.

“Mudah-mudahan nanti menjelang tahun baru di mana ada arus mudik itu bisa aman,” tandasnya. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin