Berita Bekasi Nomor Satu

IOC: Pele Mangkat, Dunia Kehilangan Ikon Olahraga

RADARBEKASI.ID – Kepergian bintang legendaris Brasil Pele untuk selamanya dirasakan sebagai duka terbesar tahun ini di kalangan dunia olahraga.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan, dunia telah kehilangan ikon olahraga yang hebat.

Dan sepak bola telah kehilangan rajanya setelah legenda Brazil Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) dalam usia 82 tahun.

Pele dinobatkan sebagai atlet abad ini oleh IOC pada 1999 dan dihormati dengan Olympic Order, penghargaan tertinggi Gerakan Olimpiade, pada 2016.

BACA JUGA: Legenda Sepak Bola Brasil Pele Meninggal Dunia, Ini Penyakitnya

”Dengan mangkatnya Pele, dunia telah kehilangan ikon olahraga yang hebat,” kata presiden IOC Thomas Bach di Twitter seperti dikutip AFP yang dilansir dari Antara.

”Seperti yang bisa saya rasakan sendiri, dia adalah orang yang benar-benar percaya kepada nilai-nilai Olimpiade dan pembawa api Olimpiade yang bangga. Merupakan suatu kehormatan untuk mempersembahkan Olimpic Order kepadanya,” tutur pernyataan resmi IOC.

Komite Olimpiade memilihnya sebagai atlet abad ini pada 1999. ”Sepak bola telah kehilangan rajanya,” kata IOC dalam pernyataan penghormatan.

”Pele, pesepak bola serba bisa dengan bakat khusus, memenangkan penggemar di semua benua di dunia. Dia memainkan peran penting dalam kebangkitan sepak bola ke posisi olahraga paling populer di planet ini,” ungkap IOC.

Pele tidak pernah bermain dalam Olimpiade tetapi dia ikut serta dalam estafet obor Olimpiade Rio 2016. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin