Hobi Kumpulkan Sertifikat Penghargaan  

Naira Yuka Darmawan.

RADARBEKASI.ID, BEKASI Tak banyak orang yang memiliki hobi mengumpulkan sertifikat penghargaan. Di Bekasi, hobi itu digeluti oleh Naira Yuka Darmawan.

Gadis berusia 14 tahun ini mengungkapkan alasannya mengumpulkan sertifikat penghargaan dari berbagai kejuaraan.


“Sebenarnya hobi aku ngumpulin sertifikat karena ngerasa ada kepuasaan tersendiri begitu mendapatkannya,” ungkap siswa SMPN 1 Cikarang Barat ini.

Yuka-begitu disapa- mengungkapkan, mendapatkan  sertifikat penghargaan tentu bukanlah sesuatu hal yang mudah. Banyak cobaan yang harus dihadapinya. Setiap cobaan yang dihadapi tak membuatnya patah semangat, justru dirinya akan berusaha menjadi lebih baik.


“Orang-orang banyak yang menganggap aku gampang banget kalau mau menang, tinggal daftar terus menang. Padahal dibalik semua itu aku banyak jatuh bangunnya, banyak nangisnya, banyak putus asanya, dan tentunya banyak belajarnya juga,” tuturnya.

BACA JUGA: Hobi Menyanyi Dangdut Koplo

Berkat semangat dan kerja kerasnya, pada 2022 dirinya berhasil meraih sejumlah penghargaan. Antara lain, juara umum ke-1 Olimpiade National English Olympiad SMP via online 2022, 100 peserta terbaik di Indonesian Youth Transformation Submit 2022, juara 1 Olimpiade Sains Pra Osk (OSPO) SMP tingkat Nasional via online 2022, juara umum ke-3 Garuda English Competition SMP via online 2022.

Kemudian, 10 peserta peraih nilai tertinggi National Series English Competition via online 2022, Peserta Indonesia Child Conference 2022 (mewakili kolom Pelecehan Seksual) 2022, dan juara Paralel pada kelas 7 (kenaikan kelas).

“Aku sangat bersyukur atas apa yang sudah aku dapatkan di tahun kemarin, karena aku selalu berfikir tidak ada yang sia-sia jika kita ingin terus berusaha,” tuturnya.

Atas pencapaiannya ini, Yuka berupaya untuk terus menjadi yang terbaik. Sehingga hobi mengumpulkan berbagai sertifikat penghargaan bisa terus dijalani.

“Aku selalu berusaha untuk jadi yang terbaik, dengan tidak merasa puas diri atas pencapaian yang sudah didapatkan. Karena menurut aku hobi ini akan menjadi kenangan paling indah ketika aku tua nanti, kayak nya senang gitu bisa lihat berbagai sertifikat dipasang di rumah,” ucap pelajar yang ingin mempelajari beberapa bahasa asing seperti Jepang, Italia dan bahasa isyarat Amerika ini. (dew)