Proaktif Dorong Inklusi Keuangan, BRI Masuk dalam Fortune Indonesia—Change The World  

BRI masuk dalam Fortune Indonesia Change The World kategori Inklusi Keuangan. FOTO: HUMAS BRI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Branchless Banking AgenBRILink mampu hadir memberikan layanan yang dekat dengan masyarakat. Langkah nyata ini membuat BRI masuk dalam Fortune Indonesia Change The World kategori Inklusi Keuangan.

Majalah Fortune Indonesia merilis Fortune Indonesia Change the World. Ini adalah daftar dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, memiliki program yang membawa tujuan positif, mampu memberikan dampak serta membuka kesempatan baru bagi masyarakat, karyawan, lingkungan, dan juga kinerja atau reputasi mereka.


Penilaian dilakukan secara objektif dengan mempertimbangkan dampak sosial, hasil bisnis, inovasi, dan integrasi. Dalam daftar tersebut, BRI menjadi salah satu dari 30 perusahaan di Indonesia yang masuk dalam Fortune Indonesia Change the World tahun 2022.

Layanan keuangan berbasis mitra keagenan atau AgenBRILink dinilai unggul sebagai terobosan perbankan yang mampu menjangkau hingga wilayah terpencil di Indonesia. Agen Laku Pandai BRI ini telah menjangkau 58.095 desa atau lebih dari 75 persen desa di Indonesia.


BACA JUGABRI Bagikan Dividen Interim BBRI Rp8,63 Triliun untuk Pemegang Saham hingga 9 Januari 2023

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menyampaikan apresiasi kepada seluruh Insan BRILian (Pekerja BRI) dan mitra AgenBRILink yang telah berkontribusi penuh untuk mendorong inklusi keuangan. Ke depan, BRI terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah mencapai target 90 persen inklusi keuangan pada 2024.

“Agen BRILink adalah salah satu terobosan BRI dalam menghadirkan layanan perbankan yang dekat, cepat, dan aman bagi seluruh nasabah di Indonesia, utamanya di Kawasan 3T. Penghargaan yang disematkan kepada layanan AgenBRILink menjadi pemicu semangat bagi BRI untuk terus tumbuh dan semakin tangguh memberi makna dan berkontribusi untuk Indonesia,” ucapnya.

Adapun jumlah AgenBRILink sampai dengan September 2022 mencapai 597.177 agen atau meningkat 25,7 persen Year on Year (YoY). Total nasabah yang bertransaksi lewat Agen BRILink hingga September 2022 mencapai 799 juta transaksi atau tumbuh 21,6 persen YoY dengan volume transaksi tembus Rp963 triliun.

Ke depan, integrasi layanan bersama Holding Ultra Mikro menjadi salah satu fokus pengembangan AgenBRILink. Salah satunya dengan mengakuisisi nasabah Mekaar PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk kemudian dijadikan AgenBRILink.

“Nasabah PNM Mekaar misalnya yang kini tergabung sebagai AgenBRILink sudah mencapai 47 ribu. Jadi nasabah group lending PNM yang tadinya didampingi oleh account officer (AO) Mekaar kemudian diberdayakan dan diedukasi untuk menjadi AgenBRILink. Harapannya agar dapat menambah produktivitas serta bisa melayani transaksi di masyarakat sekitarnya, maupun internal di kelompok mereka,” pungkasnya.(oke)