Terminal Kedatangan 7.187 Penumpang

Terminal Kedatangan 7.187 Penumpang

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puncak arus balik mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung Minggu (8/1) kemarin. Namun sebelum puncaknya, Terminal Induk Kota Bekasi mencatat sudah ada total 7.187 penumpang yang datang dari sejumlah daerah sejak Sabtu (7/1).

“Bisa saya sampaikan untuk penumpang yang sudah kembali atau tiba di Terminal Induk Kota Bekasi, sebanyak 7.187 sampai dengan tanggal 7 (Januari 2023) kemarin,” ujar Hermawan, Kepala Terminal Induk Kota Bekasi, Minggu (8/1).


Menurutnya jumlah peningkatan arus balik berakhir kemarin, mengingat beberapa kegiatan kantor dan sekolah akan kembali aktif.

“Arus balik diprediksi akan selesai pada Minggu (kemarin), karena anak sekolah juga sudah kembali masuk dan kegiatan masyarakat juga sudah kembali aktif,” tuturnya.


Sebelumnya tercatat ribuan pemudik meninggal Kota Bekasi, untuk merayakan momen natal dan tahun baru di kampung halaman.

“Merujuk pada laporan rekapitulasi keberangkatan hari raya natal 2022 dan tahun baru 2023 yang terhitung sejak tanggal 19 Desember sampai dengan tanggal 28 Desember 2022, jumlah keberangkatan pemudik tercatat dari Terminal Induk Bekasi sebanyak 12.407 penumpang,” tambahnya.

Para pemudik dari Kota Bekasi, mayoritas masih menyasar daerah tujuan di Jawa Barat.”Dimana untuk pergerakan penumpang yang menonjol untuk Bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk ke area Priangan, Pangandaran, Tasik yang sedikit terlihat melalui pergerakannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia untuk pergerakan mobilisasi Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kebanyakan masyarakat Kota Bekasi melakukan perjalanan menuju area Jawa Tengah.

Sementara menurut data yang dihimpun melalui pemantauan dari pihak terminal induk Bekasi, per tanggal 26 Desember 2022 sampai dengan 7 Januari 2023 tercatat sebanyak 7.187 orang telah kembali.

Lebih lanjut, pelaksanaan arus mudik dan arus balik pada momen nataru kali ini, pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang. “Keamanan dan kenyamanan para penumpang terpantau cukup baik pada momen nataru kali ini,” pungkasnya. (dew)