Forum Anak Beri Pengalaman Berharga

Annisa Sofiarachman Ridzwan

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Annisa Sofiarachman Ridzwan merupakan Ketua Forum Anak Kecamatan Cikarang Utara periode 2020-2023. Organisasi ini telah memberikan pengalaman berharga baginya.

“Aku diamanahi tugas ini pada 2020 dan akan berakhir pada pertengahan 2023 ini. Tentu banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat diambil dari berbagai tugas yang aku dan teman-teman jalankan,” ungkap siswa SMAN 3 Cikarang Utara ini.


Bagi siswa yang akrab disapa Annisa ini, dirinya tak mengalami kesulitan selama menjadi pemimpin organisasi tersebut. Terbukti dari program kerja selama ini dapat berjalan dengan baik.

“Tidak terasa sulit karena setiap kegiatan dan tugas yang dijalankan kami laksanakan bersama-sama. Hanya memang terasa sulit untuk menyatukan jadwal karena kami dari beberapa sekolah yang berbeda-beda,” tutur siswa berusia 17 tahun inim


Selama masa kepengurusannya, Forum Anak Kecamatan Cikarang Utara telah berhasil meraih sejumlah penghargaan. Diantaranya, juara Peran Terbaik Pelopor dan Pelapor (2P) tingkat nasional 2021, Bintang Semester atau juara Umum Forum Anak Terbaik tingkat Kabupaten Bekasi 2022, dan lima Besar Daffa Award Kategori Kecamatan Terbaik se-Indonesia 2022.

“Masyaallah banget, aku gak nyangka bisa meraih penghargaan ini. Dari penghargaan yang diraih tentu akan menjadi motivasi bagi aku dan teman-teman yang lain untuk menjalankan tugas lebih baik lagi,” tuturnya.

BACA JUGA: Melatih Berbicara di Depan Publik dengan Organisasi

Menurutnya, Forum Anak merupakan organisasi yang cukup aktif dan sesuai dengan kemampuannya. Dengan begitu, dapat membuka pintu-pintu pada beberapa organisasi lainnya.

“Aku memilih aktif berorganisasi di Forum Anak ini karena sesuai dengan kemampuan aku dan tentunya Forum Anak ini menjadi pintu peluang untuk aku mengenal organisasi lainnya,” terangnya.

Terbukti, Annisa berhasil mengenal sejumlah organisasi seperti Organisasi Anak Jawa Barat, Sehari jadi Menteri, dan Forum Remaja Sehat dan Inspirator.

“Dari banyaknya organisasi yang aku kenal, aku sekarang sudah berani menjadi pembicara dalam beberapa kegiatan dan menjadi MC dalam beberapa event,” tuturnya.

Annisa mengatakan, pengalaman yang sangat berharga didapatkan melalui organisasi Forum Anak tersebut. Pengalaman ini akan menjadi sebuah pelajaran yang sangat penting untuk dirinya di masa mendatang.

“Yang pasti pengalaman yang sangat berharga karena di sana aku menjadi paham akan pentingnya aspirasi. Hal-hal mengenai perlindungan anak dan bagaimana kita untuk menjembatani anak- anak lain dengan pemerintah langsung,” ujarnya.

“Selain itu relasi yang banyak dan luas jadi salah satu alasan aku untuk bertahan di organisasi ini. Banyak tukar pikiran dengan orang-orang yang lebih hebat dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui DP3A,” pungkasnya. (dew)