Mendadak Pertandingan Arema FC vs Borneo FC Juga Ditunda, Buntut Tragedi Kanjuruhan?

Laga perdana putaran kedua antara Arema FC vs Borneo FC yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Jatidiri Semarang pada Minggu (15/1/2023) ditunda, apa apa? Foto: borneofc.id

RADARBEKASI.ID, SAMARINDA – Laga perdana putaran kedua Liga 1 2022/2023 antara Arema FC vs Borneo FC yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Minggu (15/1/2023) nanti ditunda.

Kabar mengejutkan itu disampaikan Borneo FC melalui akun resminya di Instagram, Jumat (13/1/2023).


Padahal sebelumnya, asisten manajer Borneo FC Farid Abubakar menyampaikan rencana timnya bertolak meninggalkan Samarinda menuju Semarang pada Jumat (13/1/2023) pagi.

Sebelumnya, laga Arema FC vs Borneo FC juga mengalami perubahan jadwal dan lokasi pertandingan.


Laga kedua kesebelasan itu sebelumnya dijadwalkan digelar pada Senin (16/1/2023) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 mendadak menyampaikan adanya perubahan tersebut.

“Kabar dari PT LIB memang sangat mendadak,” ungkap asisten manajer Borneo FC Farid Abubakar melalui laman resmi klub tersebut.

BACA JUGA: Laga Liga 1 Persib vs Bhayangkara FC Ditunda

Meski demikian, lanjut Farid, pihaknya tidak mengajukan keberatan atas perubahan tersebut, karena hanya dipercepat sehari.

“Tim pelatih pun sudah mengetahui hal tersebut dan mereka menyatakan tak ada masalah,” beber Farid yang belum menyampaikan kembali pernyataan resmi pihak Borneo FC terkait penundaan laga tersebut.

Namun, besar kemungkinan penyebab ditundanya laga tersebut, karena Arema FC belum mengantongi izin pemakaian Stadion Jatidiri Semarang untuk menggelar pertandingan selama putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Hal ini sesuai unggahan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Jawa Tengah di akun resminya di Twitter, yang dikutip Jumat (13/1/2023).

“Sehubungan dengan adanya aspirasi dari berbagai pihak, maka Disporapar Provinsi Jawa Tengah belum mengizinkan pemakaian Stadion Jatidiri untuk menggelar pertandingan home Arema FC selama putaran kedua Liga 1 periode 2022/2023,” bunyi cuitan Disporapar Jateng di Twitter tersebut.

Pihak Disporapar Jateng juga mengunggah surat bernomor 426/109 tertanggal 12 Januari 2023 sebagai jawaban atas permohonan pemakaian Stadion Jatidiri sebagai homebase sementara Arema FC selama menjalani hukuman dari Komisi Disiplin PSSI pascatragedi Kanjuruhan.

Penolakan tersebut sekaligus menjadi kali empat kalinya dialaminya.

Sebelumnya, Arema FC juga sudah mendapatkan penolakan saat berpindah kandang ke Bali, Magelang, Bantul dan terakhir ke Stadion Jatidiri Semarang. (jpc)