Ini Persiapan Klenteng Hok Lay Kiong Sambut Perayaan Imlek 2023

Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Mayor Oking, Margahayu, Bekasi Selatan bersiap menyambut perayaan Imlek Tahun 2023. Foto: Pay Radarbekasi.id

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Perayaan Imlek sebentar lagi. Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Mayor Oking, Margahayu, Bekasi Timur, tampak tengah bersolek.


Salah satu klenteng paling besar dan legendaris di Kota Bekasi itu diperkirakan bakal kedatangan 3.000 umat pada perayaan Imlek tahun 2023 ini.

Ketua Yayasan Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai mempersiapkan tempat untuk umat yang datang.


“Untuk tahun ini kita sudah bersiap-siap rapi-rapi,” kata Ronny kepada wartawan Rabu (18/1/2023).

BACA JUGA: Jelang Imlek, Pesanan Kue Keranjang Meningkat

Ronny optimistis perayaan Imlek tahun ini akan lebih meriah, lebih bersuka cita, dan bahagia. Namun, tidak menghilangkan rasa syukur bahwa masih diberikan keselamatan dari ujian pandemi Covid-19.

“Agenda jelang Imlek 22 Januari 2023 mendatang. Kemarin tanggal 15 kita melaksanakan kegiatan bersih bersih di klenteng, terutama bersih bersih altar, patung dewa dewi, semua dibersihkan,” ucapnya.

“Pasca bersih bersih itu juga dimandikan dengan air kembang semuanya. Sudah bersih dikeringkan, dilanjutkan dengan pemasangan lampion, lampion ini yang terpasang merupakan lampion sumbangan dari umat, umat nanti sumbangan lampion nanti akan ditulis namanya, ada juga yang sumbang lilin, nanti lilin dipasang di klenteng,” tambahnya.

Kemudian, ada ribuan lilin yang dipasang di klenteng begitu juga ada ratusan lampion yang dipasang.

BACA JUGA: Horeee…Persipasi Juara Liga 3 Seri Jawa Barat

Lampion dan lilin tujuannya sama, lampion memberikan penerangan, lilin juga memberikan penerangan, harapannya keyakinannya lampion dan lilin ini agar kehidupan di tahun kelinci diberikan penerangan dan dijauhkan dari hal hal yang gelap dan pengaruh yang buruk.

“Karena kita buka dari pagi sampai jam 12 malam. Maka nggak akan ada kerumunan karena waktunya panjang dan datangnya bergiliran. Tapi yang sudah sudah ada sekitar 3.000 orang yang datang ke sini,” terangnya.

Ia menyampaikan, di tahun Kelinci adalah binatang yang cantik, manis lembut dan penuh cinta kasih.

“Ya, Kelinci itu kan manis juga, dan kita percaya bahwa Kelinci itu satu binatang yang banyak disayang orang, dan disayang juga oleh dewa dewa. Mudah-mudahan di tahun Kelinci ini kehidupan jadi lebih baik,” tukasnya. (pay)