Antisipasi Kenakalan Remaja, MKKS Dorong Sekolah Bentuk Satgas Pelajar

ILUSTRASI: Siswa SMKN 1 Cikarang Selatan saat praktik di sekolah. MKKS SMK Kabupaten Bekasi mendorong sekolah di wilayah setempat untuk membentuk satgas pelajar. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bekasi mendorong sekolah di wilayah setempat untuk membentuk satuan tugas (satgas) pelajar.

“Satgas pelajar ini untuk mengantisipasi kenakalan siswa (remaja,Red),” ujar Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi kepada Radar Bekasi, Kamis (19/1).


Berdasarkan data yang dihimpun MKKS SMK Kabupaten Bekasi, jumlah SMK sebanyak 186 sekolah. Rincinya 15 sekolah negeri dan 171 sekolah swasta. Dalam pembentukan satgas pelajar, satuan pendidikan dapat membentuk tim Penegak Disiplin Siswa (PDS) yang melibatkan siswa dan guru. Tim PDS ini akan melakukan komitmen ikrar anti tawuran dan kegiatan patroli bersama dijam-jam krodit.

BACA JUGA: MKKS SMK Dorong Sekolah Daftar Program SMK Pusat Keunggulan


“Untuk kegiatan patroli di jam-jam krodit ini, melalui MKKS akan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak kepolisian di masing-masing wilayah,” terangnya.

Ia menegaskan, pembentukan satgas pelajar ini sebagai salah satu bentuk kepedulian sekolah untuk mengatasi kenakalan-kenakalan remaja yang kerap terjadi.

“Ini merupakan salah satu kepedulian kami sebagai lembaga pendidikan agar penanganan awal dapat ditangani oleh satgas pelajar ini,” tuturnya. (dew)