Capaian Vaksinasi Dosis Tiga belum Sebanding

ILUSTRASI: Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 di sentra pelayanan vaksinasi Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi belum lama ini. DOK/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proses vaksinasi Covid-19 masih dilakukan Pemerintah Kota Bekasi di gerai vaksin Stadion Patriot Candrabhaga dan sejumlah Puskesmas. Sejauh ini capaian vaksinasi dosis ketiga belum sebanding dengan dosis satu dan dua.

“Untuk persentase dosis satu dan dua sudah tinggi, dosis tiga yang masih kami kejar dan untuk dosis empat masih diperuntukan untuk nakes dan lansia saja,” ujar Staf Khusus (Stafsus) Wali Kota Bidang Kesehatan, Sudirman.


Data yang dihimpun dari Dinkes Kota Bekasi, persentase vaksinasi dosis pertama tercatat sudah diatas 95 persen, dosis kedua diatas 95 persen, dosis ketiga diatas 65 persen, dan dosis keempat 10 persen.

Saat ini lokasi gerai vaksinasi hanya berada di Stadion Patriot Candrabhaga dan Puskesmas di Kota Bekasi. Beberapa gerai vaksinasi di pusat perbelanjaan dan lainnya saat ini ditiadakan.


“Untuk posko-posko vaksin yang ditempatkan di beberapa titik mal yang ada di Kota Bekasi, sekarang ini sudah tidak lagi aktif. Sekarang kalo mau vaksin di puskesmas tiap kecamatan dan juga di GOR Bekasi aja,” tambahnya.

Pelayanan vaksinasi masih berjalan di gerai vaksin Stadion Patriot dan Puskesmas di 12 kecamatan. Perhari pelayanan vaksin bisa mencapai 200 orang.

“Untuk kegiatan vaksinasi memang tidak ramai seperti saat masih diberlakukannya status PPKM, namun memang gerai sentra vaksinasi kami di GOR itu masih ramai per harinya ada sekitar 200 orang yang melaksanakan vaksinasi,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap patuh akan protokol kesehatan dan juga melaksanakan vaksinasi meski sudah ada pelonggaran dengan dicabutnya PPKM. “Kami sudah sebar beberapa flayer yang diterbitkan melalui media sosial, mengenai imbauan kepada masyarakat untuk tetap patuh prokes dan melaksanakan vaksinasi,” pungkasnya. (dew)