Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah Bebas Tentukan Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih IV Kota Bekasi saat mengerjakan soal ulangan harian. Sekolah bebas dalam menentukan pilihan IKM. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) segera dibuka. Sekolah bebas dalam menentukan pilihan IKM, yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, maupun Mandiri Berbagi.

Pengawas SD Gugus I, II, dan IV Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Supyanto menjelaskan, pendaftaran IKM dapat dilakukan melalui Sekolah Penggerak maupun Platform Merdeka Mengajar (PMM).

“IKM ini pendaftarannya bisa melalui Sekolah Penggerak dan PMM. Melalui PMM ini tidak dibatasi siapa sekolah yang ingin mendaftar,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (1/2).

Pendaftaran IKM dibuka pada 6 Februari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023. Dengan waktu yang panjang ini, satuan pendidikan dapat menentukan pilihan IKM.

“Dari proses pendaftaran yang dibuka waktunya panjang, sekolah bisa menyesuaikan Kurikulum Merdeka seperti apa yang ingin diterapkan,” katanya.

BACA JUGA: MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi Dampingi Guru Implementasikan Kurikulum Merdeka

Dikatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait IKM kepada satuan pendidikan. Melalui sosialisasi yang diberikan, dirinya berharap sekolah bisa lebih siap dalam pendaftaran.

Menurutnya, PMM tak hanya menerima satuan pendidikan yang daftar IKM. Tetapi juga perubahan pilihan IKM.

“Bagi yang belum mendaftar bisa mendaftar, lalu bagi yang sudah tapi ingin berubah kategori IKM juga bisa karena disediakan fitur pendaftaran,” jelasnya.

Dalam pendaftaran, kata dia,  terpenting sekolah dapat memastikan bahwa akun belajar.id yang dimiliki aktif. Selanjutnya, kesiapan dari para tenaga pengajarnya.

Sementara, Kepala SDN Jatimekar VI Kota Bekasi Agam menyampaikan,  tahun ini sekolahnya akan melakukan perubahan pilihan IKM.

“Karena kami tahun lalu sudah daftar Mandiri Belajar, sekarang ingin mencoba Mandiri Berubah,” jelasnya.

BACA JUGA: Kurikulum Merdeka Dinilai Sejumlah Pihak Tak Rumit

Menurutnya, dari Mandiri Belajar sekolah sudah cukup banyak belajar tentang penerapan Kurikulum Merdeka. Pihaknya merasa yakin untuk menerapkan Mandiri Berubah.

“Kami belajar dari Mandiri Belajar dan saat ini mencoba untuk Mandiri Berubah. Karena yang terpenting adalah kerjasama tim yang ingin sama-sama belajar,” ungkapnya.

Ia memastikan bahwa akun belajar.id yang dimiliki telah aktif. Saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu dibukanya pendaftaran.

“Akun belajar.id sudah aktif dan saya sudah memastikan seluruh guru siap untuk melakukan proses pendaftaran,” pungkasnya. (dew)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin