Berita Bekasi Nomor Satu

Panglim TNI: Keberadaan Pilot Susi Air Sudah Terdeteksi

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2023). FOTO : FEDRIK TARIGAN.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Pilot Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, captain Philips Mark Merhntens masih dicari usai peristiwa pembakaran pesawat. Keberadaan Philips sudah terdeteksi, dan saat ini tengah dilakukan pencarian.

“Belum, tapi sudah terdeteksi. Makanya dengan tadi sudah kita evakuasi 15 prioritasnya, sekarang ini untuk mencari pilotnya,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kamis (9/2/2023).

Yudo tak merinci lokasi pasti Philips. Yang pasti upaya pencarian philip akan dilakukan semaksimal mungkin.

BACA JUGA: Keberadaan Pilot Pesawat Susi Air Masih Belum Diketahui

Yudo mengatakan, Philips diyakini memisahkan diri dari 5 penumpang dan 15 pekerja bangunan. Philips terdeteksi kabur ke dalam hutan untuk menyelamatkan diri.

Sebelumnya, pihak Susi Air angkat suara mengenai salah satu unit pesawatnya yang ditemukan terbakar di Papua. Maskapai menduga kiat jika pesawat sengaja dibakar oleh pihak tertentu.

Representatives Susi Air, Donal Fariz mengatakan, pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dilaporkan hilang kontak di Bandara Paro pada Selasa (7/2) sekitar pukul 06.17 WIT. Pesawat seharusnya melaksanakan penerbangan dengan rute Timika – Paro – Timika.

BACA JUGA: Danrem 172/PWY: Pelaku Pembakaran Pesawat Susi Air KKB Pimpinan Egianus Kogoya

Pesawat tersebut membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kilogram. Dua jam kemudian Susi Air mendapati ELT pesawat dalam posisi aktif pukul 09.12 WIT.

“Perusahaan kemudian menjalankan kondisi emergency di internal perusahaan dengan mengirimkan pesawat lain mengecek posisi Pesawat dan kemudian ditemukan dalam kondisi terbakar di runway,” kata Donal.

Donal menuturkan, maskapai menduga terbakarnya pesawat bukan karena gangguan teknis. Pasalnya, pesawat mendarat dan parkir dengan aman di lintasan. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin