Berita Bekasi Nomor Satu

Ada Gunung Bawah Laut di Pacitan, Segini Tingginya

Ilustrasi gunung bawah laut. (Grafis Muh Hakim/Radar Madiun).

RADARBEKASI.ID, PACITAN – Temuan penting didapat Badan Informasi Geospasial (BIG). Lembaga pemerintah nonkementerian itu menemukan gunung bawah laut di kawasan perairan Pacitan. Posisinya berada sekitar 200 kilometer barat daya Pacitan.

Temuan tersebut telah disampaikan oleh pihak BIG kepada Bupati Indrata Nur Bayuaji belum lama ini.

Bahkan, pemkab diminta tolong untuk memberikan nama gunung baru yang diperkirakan memiliki tinggi 2.300 meter dari dasar laut tersebut.

BACA JUGA: Ormas Geruduk Kantor Lising di Tambun, Satu Orang Luka, Empat Mobil Ringsek

Yang jelas, Aji mengaku saat ini belum memiliki pandangan akan diberi nama apa gunung berdiameter lebih dari 10 kilometer itu. Namun demikian, dia berharap temuan gunung bawah laut tersebut bisa menjadi berkah bagi Pacitan.

‘’Kami berdoa temuan gunung bawah laut ini adalah kabar baik dan bukan menjadi suatu ancaman. Tapi, berkah,’’ katanya Jumat (10/2/2023).

Menurutnya, kemunculan gunung bawah laut itu berdasarkan fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia. Analisa tersebut diungkapkan BIG setelah mereka melakukan proses survei dan pemetaan dengan inventarisasi sumber-sumber alam. ‘’Mungkin ada warga yang mau mengusulkan nama gunung bawah laut itu?,’’ ujar Aji.

BACA JUGA: Plt Wali Kota Nyalon Ketua KONI Kota Bekasi, Baca Nih Aturan Undang-Undangnya

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko mengungkapkan, gunung bawah laut itu tidak muncul tiba-tiba. Namun, melainkan akibat tumbukan lempeng Indo-Australia. ‘’Ini istilahnya seperti lantai yang ada tonjolannya.

Nah, tonjolan itu disebut roo rise. Dan, salah satu yang terbesar hasil identifikasi para peneliti itu ya berada di selatan Pacitan tersebut,’’ terang mantan Camat Tegalombo itu.

Meski demikian, pihaknya belum mendapati informasi apakah gunung bawah laut tersebut termasuk kategori aktif atau tidak. ‘’Yang pasti, proses penelitian masih terus dilakukan oleh BIG dan ahli geologi terkait temuan gunung bawah laut di Pacitan itu,’’ ujar Erwin. (rdm)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin